Waspada
Waspada » Enam Pemudik Positif Covid-19, Diisolasi Di Rumah Singgah Pematangsiantar
Headlines Sumut

Enam Pemudik Positif Covid-19, Diisolasi Di Rumah Singgah Pematangsiantar

 

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Enam pelaku perjalanan atau pemudik yang hendak melintasi perbatasan dan dicegat di Pos Pengamanan (Pospam), terkonfirmasi positif Corona Virus 2019 (Covid-19) dan diisolasi di rumah singgah di Kota Pematangsiantar.

“Rumah singgah khusus Covid-19 yang kita sediakan saat ini, diisi 11 orang pasien positif Covid-19, terdiri lima orang yang berasal dari klaster keluarga dan enam orang berasal dari klaster perjalanan dinas antar daerah,” sebut Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Pematangsiantar Daniel H Siregar saat penyemprotan disinfektan di Pospam Jl. Sangnaualuh, Jumat (14/5).

Menurut Daniel, enam pasien positif Covid-19 di rumah singgah itu berasal dari luar Sumut yakni dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, satu dari Indrapura, Kab. Batubara, satu dari Muara Bungo, Provinsi Jambi, dan satu dari Provinsi Aceh. “Terakhir hari ini, ditemukan di Pospam Jl. Sangnaualuh, satu orang perempuan berusia 19 tahun asal Kota Medan.”

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar Daniel H Siregar menyebutkan enam orang pemudik diisolasi di rumah singgah, setelah satu orang ditemukan positif Covid-19 di Pospam Jl. Sangnauluh, Jumat (14/5). Waspada/Edoard Sinaga
Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pematangsiantar Daniel H Siregar menyebutkan enam orang pemudik diisolasi di rumah singgah, setelah satu orang ditemukan positif Covid-19 di Pospam Jl. Sangnauluh, Jumat (14/5). Waspada/Edoard Sinaga

“Bagi pasien yang kita rawat di rumah singgah, akan dilakukan isolasi mandiri selama lima kali duapuluhempat jam dan setelah lima kali duapuluhempat jam diisolasi, kita akan koordinasi ke daerah asalnya, untuk kita pulangkan ke daerah asalnya dan dirawat di daerah asalnya,” jelas Daniel.

Mengenai pemudik perempuan berusia 19 tahun asal Medan, diketahui positif Covid-19 saat pemeriksaan di penyekatan arus mudik lebaran 2021 di Pospam Jl. Sangnaualuh, Jumat (14/5) pagi. Perempuan itu diketahui positif Covid-19 ketika Tim Kesehatan Pospam melaksanakan swab antigen bagi para pengendara yang hendak melintasi perbatasan Pematangsiantar dengan Kab. Simalungun.

Menurut Kepala Pospam Iptu Rudi Panjaitan, temuan perempan usia 19 tahun positif Covid-19 dari hasil pemeriksaan kesehatan kepada para pengendara yang hendak melintasi perbatasan di Pospam Jl. Sangnaualuh.

“Setiap kenderaan yang hendak masuk ke Pematangsiantar, kita periksa mulai dari dokumen perjalanan, hingga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan seperti pemeriksaan suhu tubuh para pengendara dan pemeriksaan kesehatan dilaksanakan Tim Dinas Kesehatan,” jelas Kapolsek Siantar Timur itu.

Ketika pelaksanaan pemeriksaan para pengendara yang melalui Pospam Jl. Sangnualuh, lanjut Rudi, ditemukan satu mobil berisi lima orang memasuki perbatasan, hingga personel Pospam yang berjaga menghentikan mobil itu dan dilaksanakan pemeriksaan dokumen mulai SIKM, identitas diri, sampai surat bebas Covid-19 berupa hasil swab antigen.

Namun, rombongan satu mobil itu tidak bisa menunjukkan surat bebas Covid-19, hingga pemeriksaan dilakukan personel Tim Kesehatan Pospam dari Dinas Kesehatan dengan swab antigen.

Dari hasil pemeriksaan, perempuan berusia 19 tahun asal Medan yang tinggal di salah satu Griya di Medan, dinyatakan positif berdasarkan pemeriksaan swab antigen dari petugas medis, sedang empat orang lainnya dinyatakan negatif.

“Selanjutnya, perempuan yang dinyatakan positif Covid-19, dibawa ke rumah singgah Covid-19 untuk dilaksanakan pemeriksaan, termasuk empat orang lainnya. Karena temuan itu, kita akan melaksanakan penyemprotan disinfektan di sekitar Pospam ini,” sebut Rudi.

Pelaksanaan swab antigen dilakukan terhadap 25 orang  pengguna jalan yang hendak melintasi Pospam Jl. Sangnaulauh serta diperiksa kesehatannya dan satu  diantaranya dinyatakan positif Covid-19 yakni perempuan berusia 19 tahun itu.

Personel di Pospam Jl. Sangnaualuh itu terdiri Tim Medis Dinas Kesehatan sebanyak tujuh personel, didampingi Kadis Kesehatan Pemko dr. Ronald H Saragih, personel Polres tujuh orang, TNI dua orang, Dinas Perhubungan dua orang dan Satpol PP dua orang. (a28/C).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2