Empat Poktan Di Simalungun Terima Handtractor Bantuan Kementan RI - Waspada

Empat Poktan Di Simalungun Terima Handtractor Bantuan Kementan RI

  • Bagikan

SIMALUNGUN (Waspada): Sebanyak empat Poktan (Kelompok Tani) menerima masing-masing satu unit handtractor bantuan dari Kementan (Kementerian Pertanian) RI.

Bantuan alsintan (alat mesin pertanian) tersebut diserahkan Bupati Simalungun, Radiapoh H Sinaga, dalam satu acara di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Kamis (7/10).

Empat kelompok tani yang menerima masing-masing 1 unit handtractor adalah Poktan Sadar Tani dari Kecamatan Silimakuta, Poktan Naga Tunas dari Kecamatan Raya, Poktan Makmur Tani dari Kecamatan Purba dan Poktan Tani Sejahtera dari Kecamatan Hutabayu Raja.

“Handtractor ini merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI. Saya berharap kelompok tani penerima agar merawat dan menjaganya sehingga dapat dipergunakan dengan baik dan juga dapat digunakan kelompok lain,” tandas Radiapoh, saat penyerahan secara simbolik kepada Sarmalim Purba Ketua Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba.

Diharapkan bupati, dengan adanya alsintan tersebut dapat lebih memotivasi untuk mendukung ekonomi sektor pertanian di Kabupaten Simalungun. 

“Meskipun hanya 4 unit, tapi ini saya pikir awal yang baik untuk dapat kita menganggarkan kembali, tidak hanya alsintan, namun kebutuhan pertanian yang lainnya demi menunjang kemajuan pertanian di Kabupaten Simalungun agar tidak tertinggal dengan daerah lain,” kata bupati.

Penguasa nomor satu di bumi ‘Habonaron Do Bona’ itu mengajak seluruhnya untuk berpartisipasi mengingat  wilayah Kabupaten Simalungun, 70 persen adalah sektor pertanian harus dimajukan secara bersama-sama, tidak mengandalkan APBD, tetapi terus menjalin komunikasi yang baik dengan Kementerian Pertanian di Jakarta. Sehingga bisa menyampaikan peluang-peluang untuk kebutuhan Simalungun.

Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga mencoba mengoperasikan handtraktor bantuan Kementan RI di lahan dekat lokasi Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Purba.(Waspada/ist)

Bimtek Petani

Kemudian, untuk meningkatkan sumber daya manusia bagi para petani di Simalungun, Bupati menyampaikan bahwa ke depan akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap petani seperti bimbingan teknis (bimtek) untuk dapat belajar dari daerah-daerah yang sudah maju dalam hal pertanian. 

“Banyak hal memang yang dapat kita lakukan untuk menggenjot kesejahteraan para petani kedepan, tentu kita harus banyak belajar dari daerah-daerah yang sudah behasil di bidang pertanian,” ujar Bupati.

Sementara, mewakili penerima, Sarmalim Purba dari Poktan Makmur Tani Kecamatan Purba, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian RI yang telah memberikan bantuan kepada kelompok tani.

“Dengan adanya bantuan ini kami bisa optimal mengelola lahan. Selama ini kami membayar kepada orang lain, tetapi dengan adanya alsintan ini dana dapat kami jadikan sebagai kas untuk perawatan alat ini, termasuk pembelian pupuk,” kata Sarmalim.

Pada kesempatan itu, Bupati disaksikan Kadis Pertanian, Ruslan Setepu, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Debora DPI Hutasoit, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Kadis Hanpang Pardomuan Sijabat, Kadis Perindag Harmedin Saragih dan Plt Kasatpol PP Adnadi Girsang, mendemonstrasikan bantuan alsintan tersebut dil ahan pertanian yang tidak jauh dari lokasi acara.

Tampak hadir dalam acara itu, Camat Purba Lince Simamora bersama Forkopimcam, tokoh masyarakat dan anggota poktan yang menerima bantuan.(a27)

Ket.gbr utama: Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga menyerahkan secara simbolik handtractor bantuan Kementan RI kepada Sarmalim Purba.(Waapada/Ist).

  • Bagikan