Empat Begal Menyaru Aparat Diamankan

Empat Begal Menyaru Aparat Diamankan

  • Bagikan

BINJAI (Waspada): Empat pelaku begal yang kerap menyaru sebagai aparat berhasil diamankan Sat Reskrim Polres Binjai. Keempat pelaku yakni, RS, 34, warga Medan Amplas, YL, 33, warga Medan Barat, NA warga Medan Labuhan, dan AR, 37, warga Pematangsiantar.

Pada paparan yang disampaikan Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting melalui Kasat Reskrim AKP Yayang Rizki Pratama, Senin (16/11) mengatakan, peristiwa begal ini dialami empat korban, Risky, 20, dan Yosua Gurusinga, 26, keduanya warga Pasar IV, Dusun Kresno, Desa Padang Cermin, Kecamatan Selesai.

Kemudian Zurah, 21, dan Nur Anisa, 21, keduanya warga Desa Sambirejo, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat. Mereka saling berboncengan mengendarai dua sepedamotor Honda Scoopy dan Honda Vario tanpa TNKB dari rumahnya dan melintasi Jalan Sei Lepan, Kelurahan Pujidadi, Kecamatan Binjai Selatan. 

Di perjalanan, kedua sepedamotor yang dikendarai keempat korban dihentikan sekelompok pria yang mengendarai mobil Toyota Avanza putih. Pelaku yang turun dari mobil mengaku sebagai aparat, para pelaku kemudian memaksa keempat korban yang mereka tuduh sebagai pelaku penyalahguna narkoba masuk ke dalam mobil dengan alasan akan dibawa menuju kantor polisi. 

Bersamaan dengan itu, dua pelaku segera membawa kedua sepeda motor para korban. Kemudian keempat korban dibawa berkeliling Kota Medan dan dirampas seluruh barang berharganya oleh para pelaku.

 

Paparan kasus begal yang disampaikan Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, melalui Kasat Reskrim AKP Yayang Rizki Pratama. (Waspada/Nazelian Tanjung)

Setelah itu, para korban dibuang di dua lokasi terpisah, Risky dan Yosua, dibuang di kawasan perkebunan tebu, Desa Klumpang Kebun, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang. Sedangkan dua korban wanita, Zurah dan Nur Anisa, ditelantarkan di Jalan Jenderal AH Nasution, tepatnya di depan Asrama Haji, Kota Medan.

Selanjutnya, kata Yayang, tim segera bekerja sesuai perintah Kapolres untuk melakukan penyelidikan. Pada tanggal 4 November 2021 Tim-I Unit Pidum Sat Reskrim Polres Binjai mendapatkan titik terang tentang keberadaan pelaku dan berhasil melakukan penangkapan terhadap kempat pelaku yang sedang mencari target berikutnya di jalan lintas provinsi Langkat-Aceh, tepatnya di Pangkalan Brandan, Kabupaten.

Selain empat tersangka, lanjut Yayang, petugas juga mengamankan barang bukti mobil Xenia warna silver dengan nomor polisi 1544 ZP, pistol mancis jenis FN berikut sarung pistol, pistol mancis jenis revolver, 2 set borgol, kunci borgol, dan HP. 

“Terhadap keempat pelaku dipersangkakan melanggar Pasal 365 ayat (1), (2) Ke-2e KUHAP, dengan ancaman 12 tahun kurungan,” ujar Yayang. (a03

  • Bagikan
Search and Recover