Waspada
Waspada » Ekspektasi Tinggi Masyarakat Sergai Untuk Bupati Sergai Terpilih
Sumut

Ekspektasi Tinggi Masyarakat Sergai Untuk Bupati Sergai Terpilih

 

SEIRAMPAH (Waspada): Lembaga Network of Social Control (NSC) merilis hasil survei meliputi peta harapan masyarakat untuk Bupati Serdang Bedagai (Sergai) terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2020 lalu.

Direktur Eksekutif NSC, Syaifuddin. SE (Foto), Selasa (23/2) kepada Waspada memaparkan survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan 800 responden sebagai sampel basis.

” Margin of error dari ukuran sampel yakni lebih kurang 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95% adapun sumber dana survei dana mandiri”, terang Syaifuddin

Menurut Direktur Eksekutif NSC,
responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, survei dilaksanakan pada 25 hingga 31 Januari 2021.

” Untuk 2021 dengan top of mind responden, nama Darma Wijaya atau lebih dikenal Bang Wiwik jadi yang tertinggi dengan 68% sebagai tokoh perubahan yg diharapkan membawa sergai lebih maju, top of mind responden soal tokoh yang kedua, yakni Rizki Ramadhan, Ketua DPRD Sergai 16% dengan diikuti Adlin Tambunan 9,6%, Loso Mena 3,4% lain-lain 3,0%”, papar Syaifuddin.

NSC lanjut Syaifuddin, kemudian melakukan survei semi terbuka, yaitu responden diberi pertanyaan dan harapan-harapan tanpa daftar nama. pada simulasi semi-terbuka dengan menunjukkan daftar 20 pertanyaan dan responden boleh menyebutkan harapan lain lain,

” Hasil surveinya adalah, Perbaikan Infrastruktur Jalan 22,5%, Perbaikan Irigasi 10,6%, Pelayanan Publik Kependudukan 10,2%, Pelayanan Kesehatan Dasar Masyarakat 7,2%, Percepatan Pembangunan 6,9%, Peningkatan ekonomi 5,5%, Ketersediaan lapangan pekerjaan 5,0%”, beber Syaifuddin.

Kemudian imbuh Direktif Eksekutif NSC, Transparansi Keuangan Daerah 4,8%, Keterbukaan Informasi Publik 2,3%
10. Penegakan Hukum yg berkeadilan 2,0%, Pemberantasan Narkoba dan Kejahatan lainnya 2,0%, Rekrutmen Aparatur Pemerintahan 1,8%, Pemenuhan Janji Kampanye Pilkada 1,1%, Menumbuhkembangkan semangat Kebersamaan dan Gotong Royong 0,9%, Turun kemasyarakat jemput aspirasi 0,8 persen.

” Alasan tertinggi para responden menaruh harapan ke Bupati Terpilih adalah lugas/bersahaja, disusul alasan merakyat atau perhatian kepada rakyat, responsib dan dikelilingi oleh orang-orang yg baik”, ujar Syaifuddin.

Biasa dalam hal untuk pemenuhan aspek keinginan masyarakat banyak lanjut Direktur Eksekutif NSC, di uji dari program 100 kerja pasca pelantikan Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2021 mendatang.

” Disamping lobi-lobi dan kekuatan lain terutama dalam mengatur dan mengelola APBD 2021 masa transisi, kemampuan teamwork lobi ke Propinsi hingga Pemerintah Pusat, Pengusaha Swasta dan lainnya, namun masa Pandemi Covid-19 ini terjadi perubahan budaya yg disinergikan dengan protokol kesehatan, dengan tidak mengabaikan kearifan lokal”, pungkas Syaifuddin. (a15/B)

Keterangan Foto:

Direktur Eksekutif NSC Syaifuddin. SE (Waspada/Edi Saputra)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2