Waspada
Waspada » Dump Truk Mau Parkir Sembarangan Dan Mesin Mati, Akibatkan Tabrakan Beruntun
Sumut

Dump Truk Mau Parkir Sembarangan Dan Mesin Mati, Akibatkan Tabrakan Beruntun

 

PEMATANGSIANTAR (Waspada): Mobil dump truk Mitsubishi BK 9141 LW hendak parkir secara sembarangan dan mesin mati, mengakibatkan tabrakan beruntun dengan dua mobil pribadi Daihatsu Xenia BK 1152 WA dan Honda Mobilio BK 1106 TA, satu mobil pick up Mitsubishi L300 BK 8479 TQ, tiga sepedamotor terdiri Honda Vario BK 3404 WAE, Yamaha Jupiter MX BK 4380 WR dan Honda Beat BK 4941 WAE.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan lalu lintas (lantas) itu, namun pengemudi dan penumpang sepedamotor yang terlibat tabrakan mengalami luka ringan dan dua orang mendapat perawatan di RSU Vita Insani, Jl. Merdeka, Kota Pematangsiantar. Tiga korban luka ringan terdiri Muhammad Iqbal, 21, mahasiswa, warga Jl. Pattimura Ujung, Lingkungan IV Silumangi, Kel. Mekar Nauli, Kec. Siantar Marihat, Lusi Meliyanti Yunita, 20, mahasiswi, warga Huta I Dolok Maraja, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun dan Ahmad Jouhary, mahasiswa, warga Jl. Asahan, Km 18,5, Huta III, Kel. Pematang Asilom, Kec. Gunung Malela, Kab. Simalungun. Sementara, kerugian akibat tabrakan beruntun itu mencapai Rp 80 juta.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar melalui Kasubbag Humas AKP Rusdi Ahya dan Kasat Lantas AKP Muhammad Hasan, Minggu (21/2) menyebutkan tabrakan beruntun itu terjadi di Jl. Medan,  Km 3,5, Kel. Sumber Jaya, Kec. Siantar Martoba pada Sabtu (20/2) pukul 20:30 dan dilaporkan pukul 20:45.

Menurut Kasat Lantas, sebelum tabrakan beruntun terjadi, mobil barang dump truk dikemudikan Toni Silalahi, 55, warga Jl. Sibatubatu, Blok III, Kel. Bah Kapul, Kec. Siantar Sitalasari, yang melarikan diri setelah kejadian, mau parkir di sebelah kanan jurusannya serta saat itu mesin mobil sudah dalam keadaan mati dan bagian depan mobil damp truk mengarah ke Medan.

Mobil dump truk tetap berjalan saat itu meski sudah dekat mobil Daihatsu Xenia yang dikemudikan Naomi Megawati Silalahi, 19, mahasiswi, warga Jl. Anjangsana, Huta II, Karang Rejo, Kec. Gunung Maligas, Kab. Simalungun, yang  datang dari arah Medan, hingga terjadi tabrakan.

Kemudian, mobil Daihatsu Xenia menabrak mobil Honda Mobilio yang sedang parkir di sebelah kiri mobil Daihatsu Xenia. Sementara, mobil dump truk saat itu tetap berjalan dan menabrak mobil pick up Mitsubishi L300 yang dikemudikan Alza Azhari, 19, mahasiswa, warga Jl. Medan, Km 9 Sinaksak, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalungun, yang datang dari arah Medan. Meski sudah menabrak mobil pick up, mobil dump truk tetap berjalan dan menabrak sepedamotor Honda Vario yang dikemudikan Muhammad Iqbal dan membonceng Lusi Meliyanti Yunita.

Selanjutnya, mobil dump truk menabrak sepedamotor Yamaha Jupiter MX dikemudikan Ahmad Jouhary serta menabrak sepedamotor Honda Beat yang belum diketahui identitas pengemudinya.

Unit Laka Sat Lantas yang mendapat informasi tentang kejadian itu segera tiba di lokasi kejadian dan mengamankan seluruh kenderaan yang terlibat tabrakan ke markas Unit Laka, melakukan olah tempat kejadian dan mendatangi lokasi rumah sakit, tempat perawatan korban yang mengalami luka ringan.

Kasat Lantas menyebutkan terjadinya kecelakaan lalu lintas itu, diduga akibat kelalaian pengemudi mobil barang dump truk, dimana pada saat akan parkir dengan mesin mati (tidak menyala), tidak memperhatikan keadaan aman mobil barang yang dikemudikan, hingga mobil barang berjalan dengan keadaan mesin mati ke arah kanan jurusannya dan menabrak kenderaan yang datang dari arah berlawanan.

Mengenai pengemudi mobil barang dump truk, Kasat Lantas menyebutkan pihaknya masih melakukan pencarian dan meminta agar menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya yang mengakibatkan terjadi tabrakan beruntun, korban luka ringan dan kerugian materil.(a28/C).

Keterangan foto:

Tabrakan beruntun di Jl. Medan, Km 3,5, Kel. Sumber Jaya, kec. Siantar Martoba, Kota Pematangsiantar, Sabtu (20/2) pukul 2030, akibat mobil barang dump truk Mitsubishi BK 9141 LW mau parkir sembarangan ke arah kanan jurusannya dan mesin mobil mati, mengakibatkan dua orang pengemudi dan satu penumpang  sepedamotor mengalami luka ringan dan dua dirawat di rumah sakit serta mengakibatkan kerugian Rp 80 juta, akibat kerusakan tiga unit sepedamotor, dua mobil pribadi dan satu mobil pick up.(Waspada-Edoard Sinaga).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2