Waspada
Waspada » Dukun Cabul Asal Riau Ditangkap Di Tapsel
Headlines Sumut

Dukun Cabul Asal Riau Ditangkap Di Tapsel

Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj menjelaskan kronologis kasus pencabulan. Dukun cabul asal Riau ditangkap di Tapsel. Waspada/Andi Nasution
Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj menjelaskan kronologis kasus pencabulan. Dukun cabul asal Riau ditangkap di Tapsel. Waspada/Andi Nasution

P. SIDIMPUAN (Waspada): Dukun cabul asal Riau warga asal Pasir Pangarayan, Rokan Hulu, Provinsi Riau, berinisial YSS ditangkap personel Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), atas kasus pencabulan terhadap korban inisial M, warga Kecamatan Batang Angkola, Tapsel.

Kapolres Tapsel, AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Senin (27/7) dalam keterangan pers di Mapolres Tapsel, menuturkan, kasus pencabulan itu berawal Sabtu 11 Juli 2020.

Pelaku YSS yang baru menetap di Kecamatan Batang Angkola, mendatangi kediaman korban dengan maksud untuk mengobati abang korban berinisial RM yang sedang sakit.

“Pelaku yang saat itu melihat korban, mengatakan bahwa korban juga perlu diobati karena ada sesosok makhluk halus yang mengganggunya. Korban yang merasa takut kemudian bersedia untuk diobati,” ungkap Kapolres.

Dalam menjalankan aksinya, beber Kapolres, pelaku menyuruh korban untuk membaca ayat Al Quran. Dan kemudian meminta korban untuk masuk dan berbaring di kamar.

Totok Hipnotis

“Setelah berada didalam kamar, saat kejadian sekitar pukul 23:00, pelaku kemudian melakukan totok (hipnotis). Beberapa saat kemudian, pelaku mengangkat rok yang dipakai korban dan kemudian mencabuli korban,” tuturnya.

Tidak puas sampai di situ, lanjut Kapolres, pelaku YSS kembali mendatangi kediaman korban pada Sabtu 25 Juli 2020.

“Saat itu YSS kembali memberikan bacaan ayat Al Quran kepada korban. Sekitar pukul 23:00, pelaku masuk ke dalam kamar menyusul korban dan kembali melakukan totok (hipnotis). Di situ pelaku kembali mencabuli korban disertai ancaman bila menceritakan kejadian itu, maka kedua orangtua korban akan celaka,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, terungkapnya kasus itu karena korban ketakutan saat melihat pelaku dukun cabul asal Riau, dan korban mengeluhkan sakit di bagian kelaminnya.

“Pada Minggu 26 Juli 2020 sekitar pukul 04:30, pelaku berhasil diamankan oleh warga setempat di Kecamatan Bayang Angkola, dan kemudiam menyerahkannya ke Mapolres Tapsel,” sebutnya.

Kapolres menambahkan, pelaku dipersangkakan dengan pasal 81 subsidair pasal 82 Undang-undang RI nomor 17 tahun 2016, tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU RI nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI nomot 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak.

“Adapun barangbukti yang diamankan antara lain satu potong baju milik korban berwarna merah muda, dan satu potong rok milik korban berwarna hitam,” ucapnya. (a33)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2