Dua Rumah Warga Langkat Longsor

  • Bagikan
Dua rumah warga di Dusun 1 Begerpang, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sirapit, Langkat, longsor. (Waspada/ist)
Dua rumah warga di Dusun 1 Begerpang, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sirapit, Langkat, longsor. (Waspada/ist)

LANGKAT (Waspada): Intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa pekan terakhir membuat dua rumah warga di Dusun 1 Begerpang, Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sirapit, Langkat, longsor.

Kepala Desa (Kades) Sumber Jaya, Giatno, Rabu (17/11), mengatakan, dua rumah warga tersebut sudah longsor sekitar satu bulan lalu. “Itu akibat hujan deras dan Sungai Wampu meluap,” kata Giatno.

Dari dua rumah itu, sebut Giatno, satu diantaranya tidak berpenghuni. Persoalan ini, kata Giatno, sudah dilaporkan ke BPBD dan Dinas PU Langkat.

“Kami minta agar dibuatkan beronjong beton. Karena kalau beronjong biasa tidak akan bertahan. Tapi anggarannya tidak ada,” ungkap Giatno.

Agar longsor tidak kembali terjadi, masyarakat setempat berencana membuat beronjong sementara dari bambu dan tanah yang dimasukkan ke dalam karung.

“Tapi gotong royong belum bisa dilakukan. Air sungai masih tinggi dan deras. Kami masih menunggu kondisi air stabil. Bambu sudah kami kumpulkan di lokasi,” bebernya.

Giatno juga mengakui, kondisi rumah warga sudah dipinggir tebing. Bahkan, longsor semakin melebar. “Kamipun bingung, air masih tinggi. Sementara longsor tampaknya melebar,” pungkasnya. (a34)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *