DPRD Tapsel Usul 734 Titik Pembangunan
Musrenbang RKPD 2023

  • Bagikan
Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu saat membuka Musrenbang RKPD 2023 di Aula Kantor Bupati.(Waspada/Ist)
Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu saat membuka Musrenbang RKPD 2023 di Aula Kantor Bupati.(Waspada/Ist)

TAPSEL (Waspada): DPRD Tapanuli Selatan (Tapsel) usulkan 734 titik pembangunan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) setempat untuk 2023. Sedangkan desa dan kelurahan serta kecamatan memliki lebih dari 1000 usulan yang sudah diefesienkan.

“Musrenbang kecamatan yang diawali dari musrenbang desa setelah melewati seleksi, diskusi, serta penajaman program, menghasilkan 1.792 usulan pembangunan” ujar Kabappeda Tapsel Abadi Siregar dalam musrembang yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Tapsel (21/3).

Sedangkan Bupati Tapsel H Dolly Pasaribu dalam membuka musrenbang RKPD 2023 tersebut menyebutkan seluruh perencanaan dilaksanakan harus dengan kesepakatan, kemudian menyepakati prioritas, program, indikator kerja serta lokasi. Selanjutnya, penyelarasan program daerah dengan prioritas provinsi maupun Nasional.

Katanya, musrenbang RKPD tersebut memiliki makna penting dan strategis karena musrenbang RKPD pertama dan dilakanakan dengan mengacu pada rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tapsel 2021 hingga 2026 yang telah ditetapkan melalui Perda No.3/2021.

Oleh karenanya, ujar Dolly, pengalokasian anggaran harus dilaksanakan secara selektif dan diprioritaskan untuk menjawab isu strategis seperti pemulihan dampak pandemi Covid 19, peningkatan kualitas daya saing SDM, perekonomian, penanggulangan kemiskinan dan lainnya.

Kemudian, lanjut Dolly, mengacu pada isu strategis itu, serta memperhatikan rencana pembangunan Nasional dan Sumut tahun 2023, maka RKPD Tapsel mengambil tema, Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia serta sektor-sektor Pendukung Perekonomian Daerah.

Sebagai wujud tema RKPD, maka prioritas pembangunan 2023 akan difokuskan untuk peningkatan pemenuhan akses ataupun keterjangkauan layanan pendidikan, peningkatan kualitas dan aksebilitas pelayanan kesehatan dan peningkatan produksi dan daya saing produk pertanian, perkebunan, kehutanan, kelautan, perikanan dan peternakan serta peningkatan lainnya.

“Apapun strategi, arah kebijakan, program, maupun kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya, harus bermuara ke peningkatan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Selatan,” tegas Dolly.

Musrenbang RKPD 2023 yang berlangsung dua hari itu dihadiri Kepala Dinas Kominfo Sumut Kaiman Turnip mewakili Gubsu dan Bupati Tapsel 2010-2015 dan 2016-2021 H Syahrul M Pasaribu,SH yang sekaligus menjadi narasumber (a31)


  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.