Waspada
Waspada » DPRD Sumut Minta Percepat Kembangkan Kawasan Danau Toba
Sumut

DPRD Sumut Minta Percepat Kembangkan Kawasan Danau Toba

KETUA DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs Baskami Ginting (empat kanan) bersama para pejabat lainnya pada acara Rakernas (Rapat kerja nasional) I di Hotel Labersa Balige Kabupaten Toba, Jumat (9/4). DPRD Sumut minta percepat kembangkan Kawasan Danau Toba. Waspada/Ist
KETUA DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs Baskami Ginting (empat kanan) bersama para pejabat lainnya pada acara Rakernas (Rapat kerja nasional) I di Hotel Labersa Balige Kabupaten Toba, Jumat (9/4). DPRD Sumut minta percepat kembangkan Kawasan Danau Toba. Waspada/Ist

MEDAN (Waspada): Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs Baskami Ginting mendorong Pengurus Komite Masyarakat Danau Toba (KMDT) mempercepat pengembangan kawasan Danau Toba melalui rencana aksi program yang nyata dan tepat sasaran.

“Diharapkan acara ini berjalan lancar dan KMDT dapat mendukung perbaikan Danau Toba. Ini adalah rumah kita dan Danau Toba adalah milik Dunia. Kita bertanggung jawab melestarikannya,” ujar  Baskami Ginting saat menghadiri Rakernas (Rapat kerja nasional) I di Hotel Labersa Balige Kabupaten Toba, Jumat (9/4/2021).

Sebagai Dewan Penasehat KMDT, Baskiami Ginting menyebutkan, Danau Toba sebagai ikon baru pariwisata Indonesia berbasis keindahan alam termasuk dalam 5 Destinasi Superprioritas di Sektor Pariwisata. Karena itu pembangunan infrastruktur Danau Toba saat ini terus dikembangkan.

“Semua pihak harus secara konsisten terus mendorong serta memberi masukan kepada pemerintah, baik di pusat maupun daerah terkait pengembangan Danau Toba. Kami berharap semua masukan yang diberikan bisa memperkaya gagasan dan rencana pemerintah dalam menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia,” ungkap Baskami Ginting.

Kegiatan Rakernas Idalam rangka mendukung percepatan pembangunan Danau Toba menjadi destinasi mendunia, dihadiri sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju II antara lain, Luhut Binsar Panjaitan (Menko Marinves), Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian), Teten Masduki (MenkopUKM), Sandiaga Uno (Menparekraf) dan Agus Gumiwang Kartasasmita (Menperin).

Selain itu hadir juga dihadiri  Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI dan Ketua Dewan Pembina DPP KMDT), Azis Syamsudin (Wakil Ketua DPR RI) dan Oesman Sapta Odang (mantan Ketua DPD RI yang juga Ketua Dewan Penasihat DPP KMDT), yang semuanya tampil secara virtual.

Referensi Formal

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menuturkan program percepatan Wisata Danau Toba mempunyai rujukan dan referensi formal sejak diterbitkannya Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2014.

Peraturan ini mengatur tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Danau Toba dan Sekitarnya. Serta Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba.

Pada pertengahan tahun 2019, Danau Toba ditetapkan sebagai salah satu dari lima kawasan destinasi wisata yang mendapat prioritas untuk dikembangkan melalui program Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Empat destinasi lainnya adalah Candi Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo. (cpb)

 

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2