Waspada
Waspada » DPRD Minta PDAM Lanjutkan Pembangunan Pipa Distribusi
Sumut

DPRD Minta PDAM Lanjutkan Pembangunan Pipa Distribusi

Sekretaris FPBB DPRD Batubara, Edi Syahputra. DPRD minta PDAM lanjutkan pembangunan pipa distribusi dari rumah ke rumah. Waspada/Ist
Sekretaris FPBB DPRD Batubara, Edi Syahputra. DPRD minta PDAM lanjutkan pembangunan pipa distribusi dari rumah ke rumah. Waspada/Ist

LIMAPULUH (Waspada): DPRD minta PDAM lanjutkan pembangunan pipa distribusi dari rumah ke rumah warga di Limapuluh Pesisir, Kabupaten Batubara.

“Kami minta PDAM segera merealisasikan pembangunan pipa distribusi dari rumah ke rumah tersebut. Setidaknya tahun anggaran 2021 depan dapat direalisasikan. Hal ini mengingat mayoritas masyarakat di kecamatan ini sangat membutuhkan air bersih,” ujar Edi Syahputra, Anggota DPRD Kab. Batubara Fraksi Partai Bulan Bintang (FPBB).

Edy Syahputra menyampaikannya kepada wartawan usai rapat paripurna DPRD Batubara di gedung dewan itu di Limapuluh, Senin (20/7).

Dijelaskannya, beberapa tahun lalu PDAM Tirta tanjung Batubara membangun jaringan air bersih menuju kawasan Kec. Limapuluh Pesisir.

Pembangunan ini berupa pemasangan pipa utama yang melintas dari kawasan Desa Simpanggambus menuju berbagai desa di Limapuluh Pesisir.

Diantaranya Desa Tanah Itam Ilir, Lubukcuik, Bulan-bulan, Titimerah, Titiputih, Pematangpanjang, Pasirpermit, Guntung, Perupuk dan Gambuslaut. Mayoritas desa ini merupakan desa pantai yang sangat kesulitan air bersih.

Lebih kurang tiga tahun lalu pembangunan pipa distribusi air dari rumah ke rumah terhenti, tidak diketahui penyebabnya.

“Harapan untuk mendapatkan layanan air bersih dari ribuan KK warga disini pupus. Mereka masih tetap bersusah payah mendapatkan air bersih sebagai kebutuhan dasar,” ujar Edi yang juga Sekretaris FPBB itu.

Menurut Edi, ia melalui Fraksi Partai Bulan Bintang akan mendesak Pemkab Batubara untuk mengucurkan penyertaan dana, jika PDAM Batubara kesulitan dana untuk melanjutkan pembagunan tersebut.

Sebagai kebutuhan dasar, persoalan air ini harus menjadi skala prioritas pembangunan di Batubara, tegasnya. (A17)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2