Waspada
Waspada » DPRD Minta Gubsu Tata Ulang Tapal Batas Antarkabupaten Di Sumut
Sumut

DPRD Minta Gubsu Tata Ulang Tapal Batas Antarkabupaten Di Sumut

ANGGOTA DPRD Sumut Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Fauzan Daulay ketika menggelar reses di Desa Janji Manahan, Paluta. Waspada/ist
ANGGOTA DPRD Sumut Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Fauzan Daulay ketika menggelar reses di Desa Janji Manahan, Paluta. Waspada/ist

MEDAN (Waspada): DPRD minta Gubsu Edy Rahmayadi untuk menata ulang tapal batas antarkabupaten di Sumatera Utara yang kini terkesan tidak teratur dan semraut.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Sumut  Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Ahmad Fauzan Daulay kepada wartawan, di Medan, Senin (1/3).
Dia merespon hasil resesnya di daerah pemilihannya di Kabupaten Paluta dan Tapsel, pekan lalu.
Menurut Fauzan,  dari hasil kunjungannya, ada tapal batas yang terkesan tidak teratur bahkan semrawut, misalnya tapal batas di Paluta dengan Labuhanbatu hingga Labusel.
Padahal dalam pertemuan tahun 2019, antara Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Pemerintah Provsu, Pemkab Tapanuli Utara, Pemkab Tapanuli Tengah, Pemkab Tapanuli Selatan, Pemkab Toba Samosir dan Topdam I/Bukit disepakati beberapa poin.
Poin-poin dalam berita acara itu, menyebut Pemprov Sumut akan memfasilitasi verifikasi lapangan antara Kabupaten Taput dengan Kabupaten Tapsel secara bersama-sama, terkait keberadaan aset daerah dan desa/kelurahan.
Hasil verifikasi lapangan dilaporkan kepada Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan oleh Pemprov Sumut paling lambat pada Minggu ke II Februari 2019, dengan dilengkapi data/dokumen yang relevan.
Titik tapal batas yang ditinjau lokasinya antara Desa Padang Mandailing Garugur, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapsel dengan Desa Dolok Saut, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Taput.
“Makanya kita minta kepada Gubernur Edy Raymayadi agar mengingatkan Asisten Pemerintahan menindaklanjuti pertemuan tersebut dan berharap kembali menata ulang tapal batas di setiap kabupaten.
“Padahal, sebelumnya sudah ada hasil kesepakatan bersama tertuang di berita acara rapat Nomor.05/BAD/XII/2018 Tanggal 11 Desember 2018, terkait rapat fasilitasi penyelesaian penegasan batas di Provinsi Sumut segmen batas antara Kabupaten Taput dengan Tapsel,” kesalnya.

Ruas Jalan Provinsi

Selain tapal batas, Ahmad Fauzan Daulay juga menyoroti ruas jalan status provinsi di Kabupaten Padang Lawas Utara dan Tapanuli Selatan.
“Seperti jalan status provinsi di Desa Janji Manahan Kecamatan Dolok, Kabupaten Dolok menuju Sipiongot Kabupaten Paluta yang hingga kini sangat parah kondisinya, dengan lebar badan jalan hanya sekitar 2 meter.
Begitu juga jalan menuju usaha tani, baik  ke perkebunan dan pertanian di kawasan Tabagsel, kondisinya banyak yang tidak parah dan sulit dilalui kenderaan,” katanya.
Lebihlanjut Ahamd Fauzan yang juga Ketua Tapak Suci Putera Muhammadiyah Sumut ini memaparkan lokasi resesnya.
Di antaranya tiga titik di Desa Janji Manahan,  Desa Bahap dan Desa Hutabaru, Kecamatan Dolok Kabupaten Paluta, kemudian sejumlah lokasi di  Kabupaten Tapsel dan Kota Padangsidimpuan. (cpb)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2