Waspada
Waspada » DPRD Gelar Rapat Peripurna Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Toba
Sumut

DPRD Gelar Rapat Peripurna Hari Jadi Ke-22 Kabupaten Toba

DPRD Kabupaten Toba menggelar rapat paripurna tentang perayaan hari jadi ke-22 Kabupaten Toba tahun 2021. Rapat paripurna di gelar di Kantor DPRD Toba. Waspada/Ramsiana Gultom
DPRD Kabupaten Toba menggelar rapat paripurna tentang perayaan hari jadi ke-22 Kabupaten Toba tahun 2021. Rapat paripurna di gelar di Kantor DPRD Toba. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : DPRD Kabupaten Toba menggelar rapat paripurna tentang perayaan hari jadi ke-22 Kabupaten Toba tahun 2021. Rapat paripurna digelar di Kantor DPRD Toba, Selasa (9/3).

Ketua DPRD Toba, Effendi Napitupulu dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembentukan Kabupaten Toba Samosir berdasarkan Undang Undang Nomor 12 tahun 1998 tentang Daerah Tingkat II Toba Samosir dan Kabupaten Daerah Tingkat II Mandailing Natal yang diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid pada tanggal 3 Maret 1999.

Tepat satu tahun yang lalu, 09 Maret 2020 oleh Pemerintah Pusat diserahkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2020 Tentang Perubahan Nama Kabupaten Toba Samosir Menjadi Kabupaten Toba.

Usia 22 tahun adalah usia yang sudah memasuki fase dewasa, di mana semenjak dibentuk sudah banyak perubahan yang terjadi pada daerah Toba, kata Ketua DPRD.

“Pada kesempatan ini juga kita patut mensyukuri kemajuan dan pembangunan yang terlaksana dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat, peningkatan sumber daya manusia serta pemberian layanan kepada masyarakat yang semuanya itu merupakan prestasi kita bersama dan kerja keras dari seluruh komponen daerah baik unsur pemerintah daerah,DPRD, jajaran Forkopimda, dunia usaha dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Toba,” ujar Effendi.

Diakuinya, perayaan kali sangat berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya, hal ini diakibatkan karena Indonesia masih mengalamai pandemi Covid-19.

Kondisi inilah yang membuat pelaksanaan rapat paripurna peringatan hari jadi yang ke 22 Kabupaten Toba ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Meski sederhana, Effendi berharap perayaan ini tidak mengurangi makna hari jadi Kabupaten Toba.

Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur bisa memperingati hari jadi ke 22 Kabupaten Toba.

“Terimakaish kepada DPRD yang telah mengagendakan paripurna tentang hari jadi ke 22 Kabupaten Toba. Pada saat yang bersejarah ini saya atas nama pemerintah dan masyarakat Toba mengucapkan terimakasih kepada semua perintis, pemrakarsa dan pendiri kabupaten ini yang telah berkontribusi nyata membangun Kabupaten Toba hingga seperti saat ini,” sebut Bupati.

Bupati menambahkan, “Pada pelaksanaan hari jadi ke-22 kita hanya melaksanakan acara dengan sederhana karena mewabahnya Covid-19, kita jadikan momentum hari jadi ke 22 Kabupaten Toba sebagi introspeksi atas apa yang kita lakukan untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Toba,” papar Poltak

Diakuinya, perayaan ini merupakan perayaan pertama bagi mereka setelah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati. Poltak berjanji akan bekerja keras untuk mewujudan Toba unggul dan bersinar.

Juga untuk meningkatkan pelayanan pemerintah secara maksimal, cepat mudah, dan menyentuh seperti pengurusan kartu keluarga, surat nikah, akte kelahiran.

Demikian halnya dengan pengurusan izin akan dipermudah sehingga masyarakat lebih sejahtera dengan panca program yang telah mereka canangkan

“Kita pastikan Kabupaten Toba akan tumbuh menjadi Kabupaten Toba dengan konsep Batak Naraja,” pungkas Poltak

Sebelumnya juga dilaksanakan pembacaan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Toba oleh Sekretaris Daerah, Audi Murphy Sitorus. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2