Waspada
Waspada » DPD PAN Sergai Suka Tidak Suka Harus Taat Putusan DPP
Sumut

DPD PAN Sergai Suka Tidak Suka Harus Taat Putusan DPP

Pengamat politik dari UIN-SU Faisal Riza. (Waspada/ist).

SERGAI (Waspada): Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN-SU) Faisal Riza menilai Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) semestinya suka tidak suka mau tidak mau harus taat pada keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN. Bila tidak maka DPP juga semestinya mengambil langkah konkrit.

Hal itu dikatakan Faisal Riza, kepada Waspada Minggu (30/8) ketika dimintai tanggapannya terkait pemberitaan sebelumnya DPD PAN Sergai lawan putusan DPP karena dinilai tanpa melalui mekanisme partai saat proses pendaftaran.

Pada saat itu pengurus DPD Partai PAN Sergai menolak Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Soekirman dan T Rian Novandi yang telah di rekomondasi DPP PAN melalui formulir B1KWK.

Penolakan tersebut diputuskan melalui rapat Pengurus Harian DPD PAN Sergai dan Ketua DPC PAN se-Sergai yang langsung dipimpin Ketua DPD PAN Sergai Drs H Sayutinur dan Sekretaris PAN Ridwan Sitorus SE yang dihadiri Ketua MPP PAN Sergai H Syahlan Siregar, Sabtu (29/8) sore di kantor PAN di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah.

“Konsekuensi, sebenarnya karena sudah di putuskan yang harus dilakukan sebenarnya taat asas organisasi dalam hal ini DPD PAN, suka tidak suka mau tidak mau ya harus taat pada keputusan DPP.  Kalau tidak taat barang kali DPP juga harus mengambil langkah konkrit untuk menertibkan itu,” kata Faisal Riza.

Faisal Riza pun menjelaskan, adanya fenomena penolakan merupakan efek kebijakan yang dilakukan sentralisasi, namun begitupun keputusan tertinggi semestinya harus ditaati dan diikuti.

“Itu efek dari sentralisasi keputusan yang dilakukan partai politik karena keputusan tentang rekomendasi siapa yang akan di calonkan itukan adanya di DPP yang itu tidak nyampek aspirasi dari daerah, itulah efeknya yang nampak sekarang,”jelasnya.

Sementara sebelumnya, Ketua PAN Sergai Drs H Sayutinur yang dihubungi Waspada via WhatsApp Sabtu sore membenarkan rapat pleno Pengurus Harian DPD PAN Sergai dn Ketua DPC PAN se Sergai memutuskan menolak pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Sergai H Soekirman dan T Rian Novandi yang telah direkomondasi DPP PAN melalui formulir B1KWK.

“Adapun salah satu dasar penolakan Balon Bupati Sergai H Soekirman dan T Rian Novandi tidak pernah mendaftar ke Tim Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Sergai DPD PAN Sergai, sehingga kami dengan tegas menolak Paslon H Soekirman dan T Rian karena jelas bertentangan dengan aturan yang telah ditetapkan PAN”, tegas Sayutinur. (a16/a01/a15).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2