Waspada
Waspada » DP2KBP3A Deliserdang Peringati Hari Kartini Dengan Gerakan Pelayanan KB Serentak
Sumut

DP2KBP3A Deliserdang Peringati Hari Kartini Dengan Gerakan Pelayanan KB Serentak

 

DELISERDANG (Waspada): Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Deliserdang memperingati Hari Kartini
ke-143 dengan gerakan pelayanan KB serentak diseluruh Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Se-kabupaten Deliserdang, Rabu (21/4).

Plt. Kadis P2KBP3A , Dr. Dra. Hj. Miska Gewasari, MM, usai menghadiri langsung kegiatan pelayanan di Puskesmas Tanjung Morawa Pekan mengatakan, peringatan Hari Kartini tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan pandemi Covid-19.

“Namun, bagi Dinas Pengendalian Penduduk, KB dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Deliserdang meski tanpa selebrasi, bukan berarti tanpa makna. Dengan semangat memajukan perempuan melalui kualitas kesehatan, DP2KBP3A Deliserdang merayakannya dengan melaksanakan pelayanan KB serentak di 22 Kecamatan se Kab. Deli Serdang,” kata Miska.

Miska mengakui, kegiatan ini berjalan dengan baik hingga total yang melaksanakan KB serentak sebanyak kurang lebih 585 orang terlayani.

“Alhamdulillah, pelayanan yang dilaksanakan di Puskesmas dan Pustu di seluruh kecamatan berhasil melayani sebanyak 465 peserta KB baru, 90 peserta KB pasca persalinan, dan 20 peserta KB ulangan, total 585 akseptor terlayani dalam satu hari ini,” ujar Miska.

Miska juga menyebutkan, pada waktu yang sama, juga dilakukan pemeriksaan deteksi kanker serviks dengan IVA Tes sebagai rangkaian dari bakti sosial dalam rangka peringatan Hari Kartini Tahun 2021.

Momentum Hari Kartini ditengah pandemi Covid-19 dimaknai Miska menjadikan perempuan di Indonesia sebagai simbol perjuangan yang lebih dahsyat yaitu wanita dengan perisai melindungi keluarga dari paparan virus Covid-19.

Tidak itu saja, kata Miska perempuan Indonesia hari ini sedang berkonsentrasi menyemangati keluarganya menata keterpurukan ekonomi, sedang berfikir kreatif untuk mencari peluang penambahan pendapatan keluarga dengan berbagai kreasi yang beretika dan juga sedang menjadi guru profesional bagi anak-anak mereka dengan memastikan pembelajaran dirumah tetap bermakna mencerdaskan anak-anak mereka.

“Perjuangan ini merupakan bagian dari perempuan bermental hebat. Untuk itu saya mengucapkan selamat hari Kartini bagi semua perempuan tangguh yang menjadi benteng ketahanan keluarga, sekaligus menjadi pembangkit semangat keluarga ditengah pandemi Covid-19,” ungkap Miska. (a16/a01).

 

Teks foto: Plt. Kadis P2KBP3A , Dr Hj. Miska Gewasari bersama tenaga medis berfoto bersama saat menyaksikan pelayanan KB di Puskemas. (Waspada/ist).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2