Waspada
Waspada » Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan PKM Baby Massage Di Aceh
Sumut

Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan PKM Baby Massage Di Aceh

LANGSA (Waspada): Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan adakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan pijat bayi (Baby Massage), di Desa Afdeling II Bukit Kec. Birem Bayeun Kab. Aceh Timur.

Ketua Tim Winda Agustina, S.Tr.Keb, MKM didampingi anggota Rumini, S.Tr.Keb, MKM, Mustika dan Maria Serviana Dola kepada Waspada, Kamis (29/10) mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh peserta yakni Ibu-Ibu yang memiliki bayi yang berusia 3-12 bulan beserta bayinya.

Lanjutnya, pengabdian masyarakat ini terselenggara berkat bantuan dari Geuchik Desa Afdeling II Bukit Kecamatan Birem Bayeun Kabupaten Aceh Timur yaitu Bapak Eko Saputra, Bidan Desa Novica, Amd.Keb, SKM, Kader Desa Rubiah dan Ulan Purnama Safitri dan perangkat serta masyarakat setempat.

Dikatakan Winda lagi, kegiatan pijat bayi tersebut diikuti para Ibu-Ibu yang memiliki bayi 3-12 bulan, yang digelar pada Balai Desa setempat Rabu (28/10). Hal tersebut guna mendapatkan pemahaman dan mengajarkan mengenai pijat bayi baik untuk ibu-ibu yang mempunyai bayi maupun kepada Kader-kader Kesehatan di Desa.

Pengabdian masyarakat yang kami lakukan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan Ibu-Ibu, agar lebih memahami mengenai pijat bayi dan dapat mengaplikasikan kepada buah hatinya. Pijat bayi adalah salah satu sentuhan untuk stimulasi multisensory yang dapat mendorong perkembangan dan pertumbuhan bayi secara optimal.

Pijat bayi secara umum memiliki banyak manfaat. Terutama untuk melancarkan sirkulasi dan peredaran oksigen. Lancarnya sirkulasi darah berkat pijat akan membuat kulit bayi menjadi sehat, makan lebih banyak, dan bayi menjadi lebih aktif.

“Selain manfaat yang disebutkan diatas, masih banyak lagi manfaat Pijat Bayi, diantaranya adalah meningkatkan berat badan bayi, meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan daya tahan tubuh, membuat tudur lebih lelap dan membina kasih sayang,” katanya.

Pijat Bayi dilakukan dengan langkah-langkah pemijatan yang dimulai dari kaki, perut, dada, punggung, bokong lalu ke tangan dan wajah. Pijat dilakukan secara perlahan dan dilakukan dengan hati-hati, sebaiknya pikat bayi dilakukan untuk bayi berusia tiga bulan keatas dimana bayi pada usia tersebut sudah dapat tengkurap dan mengangkat kepalanya sendiri, imbuh Winda. (b24)

Waspada/Munawar

Teks Foto: Dosen Institut Kesehatan Helvetia Medan saat melakukan pijat bayi (Baby Massage), di Desa Afdeling II Bukit Kec. Birem Bayeun Kab. Aceh Timur, Kamis (29/10).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2