Waspada
Waspada » Dolly-Rasyid Apresiasi Darul Mursyid Kembangkan Kopi Lokal Tapsel
Sumut

Dolly-Rasyid Apresiasi Darul Mursyid Kembangkan Kopi Lokal Tapsel

TAPSEL (Waspada): Pasangan Calon Bupati dan Wakil Tapanuli Selatan nomor urut dua (No2) Dolly Putra Parlindungan Pasaribu dan Rasyid Assaf Dongoran, mengapresiasi tinggi Pesantren Moderen Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM).

Selain mencetak generasi muslim cerdas berahlakul karimah, bidang usaha PDM juga turut mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat Tapsel lewat pengembangan produk kopi lokal. Sekaligus mengenalkannya ke tingkat nasional dan internasional.

Minggu (4/10), Cawabup Tapsel No.2 Rasyid Assaf Dongoran dan Husin Sogot Simatupang sebagai Ketua Harian Tim Pemenangan Dolly-Rasyid berkunjung ke PDM di Sidapdap, Desa Simanosor, Kec. Saipar Dolok Hole.

Kunjungan ini disertai Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sumatera Utara (MWA USU) Panusunan Pasaribu yang juga ayah kandung dari Cabup No.2 Dolly Pasaribu. Mereka disambut Direktur PDM Yusri Lubis.

Cawabup Tapsel No.2 Rasyid Assaf Dongoran menyebut PDM sudah banyak mencetak generasi muslim cerdas dan juara sains berahlakul karimah. Lulusan pesantren ini banyak diterima di perguruan tinggi ternama, di dalam dan luar negeri.

Darul Mursyid dinaungi Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga, pesantren unggulan terpadu kebanggan Tapsel. Meski jauh dari Sipirok ibukota Tapsel, karena kualitasnya, sangat banyak yang bercita-cita agar bisa bersekolah di sini.

“Apabila rakyat mengamanahkan dan Allah Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati Dolly-Rasyid memimpin Tapsel lima tahun ke depan, sinergitas pemerintah daerah dan Darul Mursyid dalam hal pendidikan generasi muda akan lebih ditingkatkan lagi,” katanya.

Senada dikatakan Husin Sogot Simatupang. Ketua Harian Tim Pemenangan Dolly-Rasyid ini berterimakasih karena Darul Mursyid yang mengembangkan produk kopi lokal. Yakni kopi masyarakat yang ada di desa-desa Kecamatan Arse, Aek Bilah dan Saipar Dolok Hole.

“Sebagai putra daerah Arse, terimakasih setinggi-tingginya kepada Darul Mursyid yang telah mengangkat mutiara terpendam ke permukaan, yakni kopi lokal,” kata Sogot yang juga Ketua DPRD Tapsel.

Pembina PDM, DR Ja’far Syahbudin Ritonga, melalui Direktur Yusri Lubis menjelaskan, pihaknya telah memproduksi Kopi Darul Mursyid dan telah memiliki green house atau rumah kaca pengering biji kopi.

“Kapasitas rumah kaca ini mencapai 5 ton dan terwujud berkat kerjasama dengan Bank Indonesia. Produksi biji kopi mentah setiap bulannya mencapai 40 ton. Untuk mencukupi produksi, kita bekerjasama dengan masyarakat petani kopi setempat,” jelasnya.

Kopi Darul Mursyid teah punya hak paten di bawah naungan Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) Tapsel. “Kopi kita sudah banyak diminati importir dalam dan luar negeri, karena memiliki citarasa atau aroma yang khas,” katanya. (a05)

Keterangan Gambar:

CAWABUP Tapsel No.2 Rasyid Assaf Dongoran (kiri) bersama Husin Sogot dan Panusunan berkunjung ke rumah produksi kopi Darul Mursyid. (Waspada/Ist)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2