Waspada
Waspada » Dolly Pasaribu Ajak Masyarakat Perangi Narkoba
Sumut

Dolly Pasaribu Ajak Masyarakat Perangi Narkoba

TAPSEL (Waspada): Tokoh muda Tapanuli Selatan Dolly Putra Parlindungan Pasaribu mengajak segenap elemen masyarakat untuk bersama bergerak memerangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Narkoba musuh kita, karena dapat merusak segala sendi kehidupan. Ayo bergerak dan nyatakan diri perang dengan narkoba,” ajak Dolly Pasaribu saat menjadi narasumber dialog interaktif Pergerakan Anti Nafza Nusantara Amartha (PANNA).

Dialog digelar di aula balai karyawan PTPN 3 Batangtoru, Kamis (3/12). Dihadiri Ketua Dewan Pembina PANNA O.K Hazmi Usman Siregar dan 80 peserta perwakilan Naposo Nauli Bulung, Karang Taruna, PC NU, Muslimat NU dan BKMT dari tiga kecamatan.

Pada kegiatan dimoderatori Hotma Rido Ranto Siregar ini, panitia juga menghadirkan empat narasumber lainnya. Yakni Kepala BNNK Tapsel AKBP Tongku Bosar Pane, mewakili Kajari Tapsel, Kapolres Tapsel dan PC Nahdlatul Ulama (NU).

Dolly Pasaribu dalam materinya berbicara tentang narkoba dari sudut padang pemuda. Peredaran dan penyalahgunaan narkoba, katanya, sudah menyentuh segala kelompok usia dan terutamanya pemuda.

Belakangan ini, ada fenomena ganjil di masyarakat kita. Yakni perlahan-lahan menerima bahwa terjerumus ke narkoba adalah hal biasa dan lumrah. Terutama bagi generasi muda yang merupakan golongan masyarakat paling mudah terpengaruh.

“Masa muda dipenuhi rasa ingin tahu dan penasaran mencoba hal-hal baru, dan ini sangat berbahaya. Apabila generasi muda sebagai agen perubahan malah terperosot ke dalam penyalahgunaan narkoba, keluarga dan bahkan negara bisa hancur” jelas Dolly.

Perilaku ini biasanya akibat pengaruh kondisi keluarga dan lingkungan pergaulannya. Anak merasa tidak diperhatikan orangtua dan keluarga, sehingga merasa kehilangan identitas diri dan mencari pelarian melalui mencoba hal baru seperti narkoba.

“Belum lagi apabila ia terbiasa dengan kehidupan yang mewah, dimana menurutnya mudah saja untuk membeli narkoba dan cara paling instan untuk lari dari masalah yang dialami,” kata Dolly.

Lingkungan pertemanan juga menjadi faktor sangat besar, karena melalui jaringan inilah biasanya saling memperkenalkan gaya hidup. Perilaku kriminal itu dapat membahayakan masa depan generasi muda dan bahkan kehidupan bangsa menjadi taruhannya.

“Maka sangat penting kerjasama kita semua menghilangkan budaya ini. Ayo nyatakan diri perang dengan narkoba. Orangtua, jaga dan beri perhatian penuh pada anak. Para generasi muda, bijaklah memilih teman dan lingkungan pergaulan,” pesan Dolly Pasaribu. (a05)

Keterangan Gambar:
Dolly Pasaribu tokoh muda Tapsel mengajak segenap masyarakat perangi narkoba. (Waspada/Ist)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2