Waspada
Waspada » Dokter RSUD Panyabungan Positif Covid-19
Sumut

Dokter RSUD Panyabungan Positif Covid-19

Suasana RSUD Panyabungan pasca salah seorang dokter terkonfirmasi postif Covid-19.(Waspada/Sarmin Harahap).

MADINA (Waspada):Seorang dokter spesialis kandungan berinisial LD di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan, dinyatakan positif Covid-19.

Hal terkonfirmasi sesuai hasil tes swab yang dikeluarkan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara tanggal 28 Agustus 2020.

Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 ini, pihak RSUD Panyabungan untuk 14 hari kedepan menghentikan pelayanan medis di Poliklinik kebidanan/spesialis kandungan.

Sementara untuk bagian rawat inap pihak rumah sakit akan mengambil langkah  mendatangkan dokter dan perawat dari luar untuk sementara waktu.

Demikian penjelasan Direktur RSUD Panyabungan, drg.Bidasari Siregar kepada wartawan di Panyabungan, Minggu (30/8).D

Dijelaskan pasca terbitnya hasil tes swab dari Dinas Kesehatan Provinsi tersebut, belasan tenaga medis RSUD Panyabungan khususnya di bidang poli kandungan telah menjalani tes swab pada, Sabtu (29/8/).

Namun akibat terbatasnya peralatan tes swab, pihak rumah sakit mengutamakan pemeriksaan terhadap 14 orang tenaga medis mulai dari dokter, bidan, hingga perawat yang sempat kontak langsung dengan dokter yang bertugas di bagian Poliklinik Kebidanan.

Meski demikian, seluruh pegawai dan tenaga medis RSUD Panyabungan juga akan dilakukan tes swab secepatnya.

Untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19, pihak RSUD Panyabungan juga telah melakukan disinfeksi di seluruh bagian rumah sakit dan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat, dan juga meminta pegawai dan tenaga medis melakukan isolasi mandiri.

Kadis Kesehatan Madina, dr.Syarifuddin Nasution yang dikonfirmasi Waspada via seluler, Minggu (30/8) menjelaskan sebanyak 70 orang petugas ataupun pegawai RSUD Panyabungan telah melakukan tes swab di Rumah Sakit USU Medan.

Hasil diperkirakan akan keluar paling cepat 4 hari kedepan.Karena itu Kadis Kesehatan menghimbau kepada semua lapisan masyarakat Madina agar tetap mempedomani protokol kesehatan, terutama petugas medis yang berdomisili diluar Madina agar menahan diri dulu untuk keluar kota.

Dokter LD yang informasinya sedang hamil merupakan WKDS (Wajib Kerja Dokter Spesialis) di RSUD Panyabungan yang sudah berjalan selama 6 bulan.

Saat ini dokter LD sudah dijemput keluarga dan sedang melakukan isolasi mandiri di Medan.

Selain dokter LD, ada informasi yang berkembang bahwa salah seorang mantan anggota DPRD Madina berinisial HR juga dinyatakan positif Covid-19 sesuai hasil tes swab dari Rumah Sakit Murni Teguh – Medan.

Terkait berinisial HR ini belum ada pihak yang bisa dikonfirmasi secara resmi meskipun saat ini sudah menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat Madina khususnya di Kota Panyabungan.

Untuk itu Pemkab Madina diminta segera mengejar atau memberikan informasi resmi terkait informasi ini agar masyatakat tidak cemas, karena tidak mungkin informasi ini tidak sampai ke telinga Pemkab Madina.(a.32).

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2