banner 325x300

DLH Disarankan Perbanyak Becak Pengangkut Sampah

  • Bagikan
Rapat dengar pendapat (RDP) Komisi B DPRD Binjai bersama DLH. (Waspada/Ria Hamdani)

BINJAI (Waspada): Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Binjai disarankan perbanyak armada becak pengangkut sampah.

Saran tersebut dilontarkan anggota Komisi B DPRD Binjai saat menggelar rapat dengar pendapat (RDP), Rabu (8/7) di gedung sementara dewan, Jalan T Amir Hamzah, Binjai Utara.

Becak pengangkut sampah itu, dinilai mampu memungut sampah hingga ke permukiman warga di dalam lorong atau gang. Sehingga masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan permukiman menjadi bersih.

Saran anggota Komisi B DPRD Binjai itu ditanggapi Kepala DLH T Amri. Menurutnya, pemungutan sampah di tengah pemukiman atau jalan kecil selama ini dilaksanakan oleh kecamatan.

“Jadi lebih baik pos pengadaan becak sampah ini dilakulan kecamatan. Karena memang mereka (kecamatan) yang menanggulangi sampah di jalan kecil,” ujar T Amri.

Selain persoalan sampah, Komisi B DPRD Binjai juga meminta penjelasan terkait anggaran yang sudah dipergunakan. “Kami ingin tahu ini sebagai oengawasan anggaran. Karena kami tidak mau masih ada Silva yang bedar di akhir tahun,” kata Ketua Komisi B Ardiansyah.

Menindak lanjuti penggunaan anggaran, Kepala DLH mengungkapkan, bahwa anggaran sudah terpakai sekitar 40 persen. “Sebenarnya anggaran tahun 2020 di DLH sudah kami pres atau diefisiansikan. Saat ini semakin dipres mengingat ada pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19,” beber T Amri.

Pada RDP tersebut, T Amri juga mengakui sudah memohon ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk menyediakan masker bagi para pekerja atau petugas kebersihan.

Hal itu, mengingat anggaran DLH sudah direfocusing sekitar Rp700 juta untuk penanganan Covid-19. (a34)

  • Bagikan