Waspada
Waspada » DK Batubara 2020 – 2024 Dilantik, Zahir Aliran Darah Biru
Budaya Sumut

DK Batubara 2020 – 2024 Dilantik, Zahir Aliran Darah Biru

BUPATI Batubara Ir. H Zahir, M.AP saat melantik pengurus Dewan Kebudayaan Kab Batubara 2020-2024. DK Batubara 2020 - 2024 Dilantik, Zahir Aliran Darah Biru. Waspada/Ist
BUPATI Batubara Ir. H Zahir, M.AP saat melantik pengurus Dewan Kebudayaan Kab Batubara 2020-2024. DK Batubara 2020 - 2024 Dilantik, Zahir Aliran Darah Biru. Waspada/Ist

LIMAPULUH (Waspada): Bupati Batubara melantik pengurus Dewan Kebudayaan (DK) Kabupaten Batubara Periode 2020 – 2024, Rabu (24/2). Pelantikan berlangsung di aula rumah dinas bupati di Tanjung Gading, Kec Seisuka dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Dewan Kebudayaan Kab Batubara akan bersinergi bersama dinas daerah terkait dalam mendukung sektor pendidikan, kebudayaan dan pariwisata.

Kepengurusan yang dilantik sebanyak 43 orang dengan ketuanya Muhammad Yusuf Morna.

Bupati Batubara Ir. H. Zahir, M.AP  mengucapkan selamat kepada ketua dan pengurus DK yang dilantik. Di samping hal itu mendorong kebudayaan lebih baik dan sempurna serta tetap dilestarikan di kabupaten yag dipimpinnya itu.

Zahir mengatakan, Kab Batubara memiliki letak yang strategis untuk dibangun kawasan industri internasional, sehingga perlu memperkuat kebudayaan.

“Budaya merupakan hak kekayaan intelektual yang dimiliki setiap daerah. Kami mengimbau Dewan Kebudayaan dan Pemkab Batubara agar mendaftarkan kebudayaan yang ada kepada Kemenkumham untuk dipatenkan”, ujar Zahir.

Selain itu perlunya kerjasama dan kerja keras melestarikan budaya sehingga tidak hilang akibat budaya asing yang masuk dengan cara menerapkan dalam keseharian seni budaya khas Batubara.

Kadisdik Batubara, Ilyas Sitorus dalam laporannya mengatakan, pembangunan di bidang kebudayaan harus dapat membawa manfaat bagi para pelaku budaya serta masyarakat Di samping mampu memberikan efek ganda atau multiplier effect.

Pemberdayaan kebudayaan juga lanjut Ilyas, tidak hanya dijaga agar tetap lestari dan menjadi simbol kepribadian, tetapi ditekankan pada unsur hiburan, ekonomi, pendidikan, dan pariwisata.

Pelantikan Dewan Kebudayaan ini di dasarkan UU  Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah serta Surat Keputusan Bupati Batubara Nomor 483/Disdik/2020 tanggal 28 Desember 2020 tentang Dewan Kebudayaan Kabupaten Batubara Periode 2020 – 2024

Ketua Dewan Kebudayaan Muhammad Yusuf Morna menyampaikan terima kasih kepada Bupati Batubara yang telah melantik mereka dan memfasilitasinya.

Menurut Morna, Bupati Ir. H Zahir, M.AP merupakan aliran darah biru dari silsilah OK Sultan, Hulu Balangnya Kerajaan Pahang, dan mengajak masyarakat Melayu Batubara membesarkan budaya.(a18)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2