Waspada
Waspada » Disdukcapil Paluta Luncurkan Program GISA
Sumut

Disdukcapil Paluta Luncurkan Program GISA

GUNUNGTUA (Waspada) : Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) gencar mencanangkan program Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) tahun 2020.

Kadis Dukcapil Paluta, Susanna Hanum Daulay, Ssos kepada Waspada, Kamis (6/2) menyampaikan, GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun Pemerintahan yang sadar akan pentingnya administrasi kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan.

“Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utata berharap kepada masyarakat agar melakukan perekaman dan pencetakan KTP-Elektronik bagi yang belum memiliki, karena kedepan Indonesia akan menuju pada satu nomor kependudukan atau Single Identity Number (SIN),” ujarnya.

Dikelaskan Susan, target yang akan dilaksanakan dalam mendukung program GISA ini, Disdukcapil Paluta melakukan berbagai upaya demi mendukung gerakan ini, salah satunya dengan cara meningkatkan pelayanan dan turun langsung ke lapangan.

“Dengan program ini diharapkan Kabupaten Paluta memiliki data kependudukan yang valid dan tidak ada lagi penduduk yang tidak mempunyai dokumen kependudukan,” jelas Susan.

Terpisah, Bupati Paluta Andar Amin Harahap mengatakan, bahwa program GISA untuk mewujudkan Indonesia yang sadar administrasi kependudukan, tertib administrasi kependudukan sebagaimana diamanatkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan.

“Kepada masyarakat diharapkan untuk meningkatkan kesadarannya terhadap administrasi kependudukan, dengan segera melaporkan bila ada perubahan administrasi kependudukan ke Kantor Dinas Dukcapil Paluta,” imbau Bupati.

Bupati juga meminta Kepala Dinas Dukcapil Paluta beserta jajarannya agar bekerja secara maksimal dalam memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan, harap Bupati Andar Amin Harahap. (a35/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2