Disdik Dan Dewan Pendidikan Sergai Motivasi Siswa Belajar Di Rumah - Waspada

Disdik Dan Dewan Pendidikan Sergai Motivasi Siswa Belajar Di Rumah

  • Bagikan
Kadisdik Sergai Drs Joni Walker didampingi Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan dan Kabid SMP Sujarwo saat mengunjungi siswi SMPN Kotarih yang belajar di rumah, Senin (11/5) sore. Waspada/Ist
Kadisdik Sergai Drs Joni Walker didampingi Ketua Dewan Pendidikan Sergai Agus Marwan dan Kabid SMP Sujarwo saat mengunjungi siswi SMPN Kotarih yang belajar di rumah, Senin (11/5) sore. Waspada/Ist

SEIRAMPAH (Waspada): Dinas Pendidikan (Disdik) bersama Dewan Pendidikan Kab. Serdangbedagai (Sergai) melaksanakan monitoring sekolah dan siswa belajar di rumah, 11 – 14 Mei di sejumlah Kecamatan se Sergai dan Tim Monitoring yang ditugaskan terbagi dalam tiga tim

Tim 1 langsung dipimpin Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM bersama Kabid Pembinaan SMP Sujarwo, Kasi PDPK SMP Ahmad Thauhid, Ketua Dewan Pendidikan Agus Marwan, S.IP., M.SP, Sekretaris Abdul Firman, S.Pd., M.Si dan Anggota Dewan Pendidikan Murti Anugrah, S.Sos, mereka bertugas, Senin (11/5) kemarin melaksanakan monitoring di sejumlah sekolah dan rumah siswa di Kec. Silinda dan Kotarih.

Untuk Kec. Silinda, Tim 1 mengunjungi SD Swasta Silinda dan SMP YP Silinda, sedangkan di Kec. Kotarih Tim mengunjungi SDN 101984 dan SMPN 1 Kotarih, di dua kecamatan itu, Tim 1 melakukan dialog dengan Kepala Sekolah dan guru terkait model pembelajaran daring yang dilaksanakan sekolah selama masa pandemi Corona Virus Disease (COVID-19).

Setelah mengunjungi sekolah, Tim 1 selanjutnya mendatangi rumah-rumah siswa guna memastikan anak belajar di rumah, melihat potensi dan kendala yang dihadapi selama belajar di rumah, serta mengedukasi siswa dan orangtua terkait wabah COVID-19.

Kadisdik Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM mengaku bahagia dan puas dengan komitmen sekolah dalam melaksanakan program belajar di rumah selama masa pandemi COVID-19.

Kendala Teknis

Menurut Kadisdik, sekolah-sekolah khususnya Kepala Sekolah dan guru melaksanakan model pembelajaran daring dengan sangat baik meskipun ada beberapa kendala teknis seperti ketiadaan jaringan internet di sejumlah Desa tempat tinggal siswa dan fasilitas ponsel android para orangtua siswa.

Diakui Joni Walker, namun kendala-kendala itu diatasi dengan berbagai kegiatan inovasi yang dilakukan para guru.

Kadisdik juga memberikan motivasi kepada jajaran sekolah, siswa maupun para orangtua untuk mensukseskan program belajar di rumah. Kadisdik juga meminta untuk selalu melaksanakan protokoler kesehatan selama pandemi COVID-19.

Kepala SD Swasta Silinda, Sarmila, S.Pd mengungkapkan, bahwa pihaknya menyiasati ketiadaan jaringan internet di sejumlah desa tempat tinggal para siswa dengan menugaskan guru laki-laki untuk mengantarkan langsung materi pelajaran maupun kisi-kisi soal ke rumah para siswa.

“Model pembelajaran daring dilaksanakan dengan membentuk grup whatsapp beranggotakan seluruh siswa dalam satu kelas. Grup whatsapp ini dipandu oleh wali kelas dan diawasi oleh kepala sekolah”, terang Sarmila.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sergai Agus Marwan, S.IP., M.SP mengatakan, bahwa kegiatan monitoring ini sebagai upaya menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Sergai Ir. H. Soekirman terkait siswa belajar di rumah selama pandemi COVID-19.

Selama pelaksanaan monitoring di dua kecamatan itu, Tim 1 didampingi oleh Korwil Disdik Silinda/Kotarih Drs. Panut, Kepala SD Swasta Silinda Sarmila, S.Pd., Kepala SMP YP Silinda Tara Wilma Barus, SE, Kepala SDN 101984 Kotarih Saragih, Kepala SMPN 1 Kotarih Drs. Ojak Gultom, serta sejumlah guru dan para Komite Sekolah. (a15/B)

  • Bagikan