Dinkes Buka Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Haji - Waspada
banner 325x300

Dinkes Buka Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Haji

  • Bagikan
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Binjai dr HM Indra Tarigan. (Waspada/Ria Hamdani)

BINJAI (Waspada): Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Binjai membuka pemeriksaan kesehatan tahap dua bagi para jamaah haji, Senin (2/3).

Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kota Binjai dr HM Indra Tarigan, mengimbau seluruh jamaah haji Kota Binjai untuk memeriksakan kesehatan pada pemeriksaan tahap dua.

“Untuk menjalankan ibadah haji tidak hanya faktor finansial semata, tetapi persiapan kesehatan fisik dan mental juga penting bagi seorang jemaah calon haji. Hal ini sudah diatur dalam Permenkes No 15 tahun 2016 Tentang Istitaah,” beber Indra.

Indra berharap, agar para calon jamaah haji dapat memberikan informasi yang sebenar benarnya terkait kondisi kesehatan masing-masing. “Nantinya petugas kloter dapat memetakan sejak dini mana saja jemaah kategori kesehatan dengan resiko tinggi atau bukan,” kata alumni dokter TKHI MES 12 1440H.

“Para jamaah yang kesehatannya masul dalam resiko tinggi untuk tidak memaksanakan ibadah sunah seperti ziarah, umroh berkali-kali dan lainnya. Ini nantinya dapat dibimbing oleh KBIH,” tambah Indra.

Disisa waktu keberangkatan tahun ini, sambung Indra, para jemaah calon haji Kota Binjai juga diharapkan dapat menjaga kesehatannya dengan rajin kontrol ke fasilitas kesehatan, makan-makanan yang bergizi, perbanyak makan sayur dan buah.

“Olah raga teratur, sehingga pada saatnya nanti semua jemaah calon haji 1441H dapat berangkat ke tanah suci dengan sehat dan kembali ke tanah air dengan selamat,” ucap Indra. (a05/crh)

  • Bagikan