Waspada
Waspada » Dinas Pertanian Toba Kembangkan Komoditas Pertanaman Jagung
Sumut

Dinas Pertanian Toba Kembangkan Komoditas Pertanaman Jagung

TOBA (Waspada) : Dinas Pertanian Kabupaten Toba kini tengah fokus mengembangkan komoditas pertanaman jagung. Saat ini 10.000 Ha lahan produktif dan akan terus ditingkatkan guna menghasilkan produktifitas jagung yang lebih besar lagi. Demikian disampaikan Kadis Pertanian Toba, Jerry Silaen ketika dikonfirmasi Waspada, Kamis (1/10).

“Untuk hasil produksi pertanaman jagung saat ini rata rata 6 ton per hektar. Tahun depan kita berusaha untuk perluasan pertanaman melalui ekstensifikasi,” ujar Jerry.

Untuk harga jagung pipil saat ini berada pada kisaran Rp. 3.200/Kg. Sementara untuk modal usaha diperkirakan Rp. 8.000.000/Ha. Jika produksi per hektar rata rata 6 ton, maka harga jualnya 19.200.000 dengan selisih laba bersih sebesar Rp. 11.200.000. Pada umumnya petani menjual dalam bentuk gabah kering kepada para pengumpul untuk dijual kembali ke luar kota.

Untuk menaikkan harga jagung yang berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi petani,
Dinas Pertanian Toba telah menjajaki kemitraan dengan perusahaan swasta.

“Kita sedang jajaki untuk bermitra dengan pengusaha yang bergerak di bidang pakan ternak. Harapannya, mereka berkenan berinvestasi dengan membangun pabrik pengolahan pakan ternak berbahan dasar jagung. Kerjasama ini sudah kita jajaki minggu lalu dan responnya cukup bagus. Kemungkinan mereka akan turun secepatnya untuk melakukan peninjauan lapangan,” papar Jerry.

“Jika kerjasama tersebut terealisasi, kita berharap harga jagung ditingkat petani sudah lebih baik dan lebih terjamin,” pungkas Jerry.

Adapun lumbung jagung di Kabupaten Toba berada di kecamatan Lumban Julu, Habinsaran, Uluan, Tampahan, Porsea, Ajibata dan Laguboti. (a36)

Keterangan foto : Kadis Pertanian Toba, Jerry Silaen. Waspada/Ramsiana Gultom

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2