Waspada
Waspada » Dikenal Licin, Gembong Bandar Sabu Kabanjahe Roboh
Sumut

Dikenal Licin, Gembong Bandar Sabu Kabanjahe Roboh

Gembong pengedar narkoba jaringan Medan-Tanah Karo, SG alias Jahtra berikut barang buktinya saat berada di ruang Satres Narkoba Polres T. Karo.Waspada/Ist
Gembong pengedar narkoba jaringan Medan-Tanah Karo, SG alias Jahtra berikut barang buktinya saat berada di ruang Satres Narkoba Polres T. Karo.Waspada/Ist

TANAH KARO (Waspada): Lagi, gembong bandar sabu jaringan Medan-Tanah Karo diduga juga pemasok narkoba ke beberapa pelosok desa, roboh ditembus timah panas Tim Sikat Narkoba (TSN) Satres Narkoba Polres T. Karo, Selasa (3/3).

Kapolres T. Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono Sik melalui Kasatres Narkoba AKP Rasmaju Tarigan kepada Waspada, Rabu (4/3) membenarkannya.

Berkat kerjasama Tim Sikat Narkoba yang dikenal memiliki karakter pantang mundur sejengkalpun, berhasil mengungkap seorang bandar narkoba yang sudah menjadi TO. Selain sudah menjadi target, tersangka juga diduga licin dalam menjalankan bisnis haramnya di wilayah hukum Polres T. Karo.

Tersangka bandar narkoba ini berinisial SG alias Jahtra, 33, penduduk Jln. Kotacane Gg. Rumah Jahe Kel. Lau Cimba Kec. Kabanjahe.

Dari dalam rumahnya petugas berhasil menemukan satu tas warna coklat. Dari dalam tas, tim berhasil menyita narkoba jenis sabu miliknya yang dikemas dalam dua bungkus plastik bening dengan berat brutto 186,14 gram.

Selain narkoba tim juga menemukan barang bukti lainnya yaitu lima bal plastik klip kosong, satu unit handpone dan dua unit timbangan elektrik untuk menimbang sabu yang akan disebar ke sejumlah desa di Kab. Karo.

Coba Melarikan Diri

Dikatakan Rasmaju, saat dilakukan penggerebekan, tersangka tidak melakukan perlawanan kepada petugas. Namun setelah tim berhasil menemukan seluruh barang bukti yang diyakini miliknya, tersangka mulai terlihat panik.

Dengan gerak cepatnya, tersangka mencoba melawan petugas sambil berusaha melarikan diri dari pengamanan petugas. Namun aksinya berhasil digagalkan tim yang selalu siaga ketika itu.

Guna menghentikan niat tersangka kembali mencoba melawan dan melarikan diri, tim langsung memberikan tindakan tegas dan terukur berupa tembakan yang mengarah ke dua kaki sang bandar hingga akhirnya roboh.

Selanjutnya tim yang dipimpin langsung Kasatres Narkoba AKP Rasmaju Tarigan melakukan pemeriksaan kembali di sekitar rumahnya hingga diyakini seluruh barang buktinya sudah disita.

Tersangka dibawa ke RSUD Kabanjahe untuk mendapat tindakan medis sedangkan barang bukti narkoba dan bukti lainya langsung di boyong ke komando.

Kasatres Narkoba mengakui kalau tersangka merupakan pemain narkoba yang dikenal lihai dalam mengedarkan barang haram narkoba jenis sabu ke sejumlah jaringannya di wilayah hukum Polres T. Karo.

Namun setelah sekian lama berhasil melakukan kelihaiannya yang dikenal licin dan berpindah pindah, tim akhirnya berhasil membekuk tersangka berikut barang buktinya saat berada di dalam rumahnya.

Lanjut Rasmaju, timnya tidak akan pernah mengaku puas mengungkap gembong narkoba SG alias Jahtra. Dari tersangka akan digali keterangan perihal asal narkoba miliknya, dan daerah atau desa mana saja tersangka mengedarkannya.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat dengan pasal 112 dan 114 UU Narkotika No 35 Tahun 2009, dengan ancaman minimal 5 tahun dan maksimal 20 tahun kurungan penjara, tegas Rasmaju(c10/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2