Dema IAIN Sidimpuan Beri Pencerahan Kepada Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah

Dema IAIN Sidimpuan Beri Pencerahan Kepada Mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah

  • Bagikan
Ketua Dema IAIN Padangsidimpuan Wildan Saleh Sikumbang (2 kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Wartawan Waspada yang juga Pengurus PWI Tabagsel Mohot Lubis sebagai nara sumber pada seminar ilmiah yang digelar Dema IAIN Padangsidimpuan, Kamis (18/11).Waspada/ist
Ketua Dema IAIN Padangsidimpuan Wildan Saleh Sikumbang (2 kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Wartawan Waspada yang juga Pengurus PWI Tabagsel Mohot Lubis sebagai nara sumber pada seminar ilmiah yang digelar Dema IAIN Padangsidimpuan, Kamis (18/11).Waspada/ist

P.SIDIMPUAN (Waspada) : Dewan Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan berikan pencerahan kepada mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan tentang peran perguruan tinggi menjawab berbagai permasalahan bangsa melalui seminar, Kamis (18/11).

Seminar ilmiah yang digelar di Aula Ma’had Al-Jami’ah IAIN, Jl. HT. Rizal Nurdin, Sihitang, Padangsidimpuan, dibuka Kasubbag Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan Maraondak serta dihadiri Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan Rizal Siregar MPd dan pengurus Dema IAIN Padangsidimpuan.

Kasubbag Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan Maraondak (7 kiri) dan Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan Rizal Siregar MPd (6 kiri) foto bersama dengan nara sumber Mohot Lubis (8 kiri) dan pengurus Dema IAIN Padangsidimpuan, Kamis (18/11).Waspada/ist

Dalam memberikan pencerahan kepada 500 mahasiswa Semester I dari berbagai program studi tentang peran perguruan tinggi menjawab permasalahan keagamaan, politik, sosial, ekonomi, pendidikan untuk mewujudkan Indonesia maju dalam peradaban bangsa, Dema IAIN Padangsidimpuan menghadirkan Wartawan Waspada yang juga Pengurus PWI Tabagsel Mohot Lubis sebagai nara sumber.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan Dr. Sumper Mulia Harahap diwakili Kasubbag Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Padangsidimpuan Maraondak mengatakan, seminar ilmiah tersebut sangat penting bagi penguatan karakter dan motivasi terhadap mahasiswa Aula Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan.

Menurutnya, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memahami peran perguruan tinggi di berbagai aspek karena perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggungjawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai implementasi dari tri dharma perguruan tinggi.

Maraondak berharap kepada mahasiswa peserta seminar ilmiah agar serius mengikuti seminar dan mengapresiasi Dema IAIN Padangsidimpuan yang telah ikut berpartisipasi dalam memberikan pencerahan kepada mahasiswa tentang peran perguruan tinggi.

Mahasiswa Semester Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan serius mengikuti seminar [eran perguruan tinggi menjawab permasalahan keagamaan, politik, sosial, ekonomi, pendidikan untuk mewujudkan Indonesia maju dalam peradaban bangsa yang digelar Dema IAIN Padangsidimpuan, Kamis (18/11).Waspada/Mohot Lubis

Mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan Rizal Siregar MPd menuturkan bahwa mahasiswa semester I dan II IAIN Padangsidimpuan digembleng di Ma’had Al-Jami’ah (pesantren kampus) untuk melahirkan mahasiswa yang berilmu, beriman, berakhlak dan moderat.

Terkait dengan moderat, ucap Rizal, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan telah melakukan upaya penguatan moderasi beragama terhadap mahasiswa dalam rangka menjaga keutuhan bangsa. “Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat, yakni memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem,” ujar Rizal.

Ketua Dema IAIN Padangsidimpuan Wildan Saleh Sikumbang menjelaskan seminar ilmiah yang diikuti 500 mahasiswa Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan telah menjadi agenda rutin dalam memberikan pencerahan dan penguatan karakter mahasiswa.(a39).

  • Bagikan