Waspada
Waspada » Delleng Sindeka Pakpak Bharat Dipoles Jadi Wisata Alam
Sumut

Delleng Sindeka Pakpak Bharat Dipoles Jadi Wisata Alam

 

Objek wisata Delleng Sindeka atau seribu tangga yang berada di Kecamatan Salak, Kabupaten Pakpak Bharat merupakan salah satu wisata alam terbuka dan masih asri.

Kawasan wisata ini bisa menjadi salah satu pilihan berwisata sekaligus berolah raga dengan menikmati udara segar apalagi dikala pandemi COVID-19.

Dalam bahasa Suku Pakpak,Delleng artinya hutan atau gunung, sedangkan Sindeka adalah nama Desa.

Destinasi wisata alam seribu tangga ini belum banyak diketahui masyarakat luar karena awalnya kawasan ini merupakan hutan masyarakat dan dipoles menjadi tempat wisata baru yang elok oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat sejak tahun 2019 lalu.

Para pengunjung yang akan masuk ke lokasi objek wisata alam Delleng Sindeka ini akan dipungut biaya masuk sebesar 2 ribu/orang.

Pengunjung akan melewati jalur tracking yang menantang seperti, jalan menanjak dan menurun, ratusan anak tanggga yang terbuat dari semen cor, jembatan dan tantangan lainnya.

Setibanya di puncak, kawasan ini juga menawarkan spot – spot foto dengan latar pemandangan alam berupa perbukitan, pepohonan, pemandangan perkotaan akan nampak jelas seperti vew kota Salak, Kawasan perkantoran Pemkab Pakpak Bharat dan daerah lainnya, apalagi saat senja datang (jika cuaca mendukung) bisa jadi momen kebersamaan dan berfoto untuk menambah koleksi pajangan di media sosial.

Selain menawarkan spot – spot foto,kawasan ini juga menyediakan wahana wisata lain yang bisa ditemui seperti ,taman bermain anak-anak, jembatan, saung untuk beristirahat ditengah pohon yang menjulang tinggi hingga menambah suasana di Tangga Seribu lebih sejuk dan adem.

“Kita lihat di media sosial sudah banyak foto kawan-kawan datang ke tempat ini. Sehingga kita penasaran dan hari ini kita niatkan juga berkunjung ke objek wisata delleng sindeka ini,” ujar Imanuela Banurea, salah satu pengunjung, Selasa (19/01)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pakpak Bharat, Drs. Bambang S Banurea, Selasa (19/01) mengatakan dikawasan Wisata Delleng Sindeka mempunyai luas sekira 2 Ha dengan jalur tracking kurang lebih 1 Km.

” Dikawasan ini juga Kita akan membangun wahana olahraga Permainan ini untuk melatih keberanian dan ketegasan yaitu permainan meluncur dari sebuah pohon dengan menggunakan Sling Baja atau biasa disebut dengan olah raga Flying Fox. ” kata Kadis Pariwisata.

Terkait nama “Seribu Tangga”, Kadis mengatakan, nama tersebut dibuat oleh masyarakat sendiri. Padahal nama wisata tersebut adalah Wisata Delleng Sindeka.

” Mungkin karena tangganya banyak, jadi masyarakat bilang seribu tangga, padahal jumlah tangga yang ada hanya sekira 365 anak tangga” jelas kadis.

Kadis Pariwisata Bambang Banurea, berharap ke depannya kawasan wisata tersebut bisa menjadi salah satu ikon di Kabupaten Pakpak Bharat dan juga nanti menjadi wisata alam dan wisata edukasi bagi generasi muda agar cinta kepada alam.(a35)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2