Waspada
Waspada » Deliserdang Akan adapat Bantuan Pembangunan Perpustakaan
Sumut

Deliserdang Akan adapat Bantuan Pembangunan Perpustakaan

LUBUKPAKAM (Waspada): Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengatakan literasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan mewujudkan Perpustakaan Deliserdang bukan hanya sekedar menjadi tempat untuk membaca, meminjam dan mengembalikan buku tetapi lebih dari itu menjadi ruang publik untuk meningkatkan partisipasi dan pelibatan masyarakat dalam berbagai kegiatan pemberdayaan berbasis literasi dan saling berbagi pengalaman, ekspresi dan pengembangan talenta serta ruang belajar sepanjang hayat.

Hal itu disampaikan Bupati pada acara acara Inovasi dan Kreativitas Pustakawan Dalam Penguatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati, Senin (28/9). Hadir dalam kegiatan itu anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan, Kepala Perpustakaan Nasional RI M. Syarif Bando, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Propsu Ir Halen Purba, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, Kadis Perpustakaan Daerah Kabupaten Deliserdang H. Misran Sihaloho, beberapa Kepala Dinas, penggiat literasi, dan beberapa Kepala Dinas.

Bupati menjelaskan, visi misi Kabupaten Deliserdang adalah mewujudkan Deliserdang yang maju sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinnekaan. Untuk mewujudkan hal itu maka literasi merupakan jawabannya untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yakni dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Menurut Bupati, kegiatan ini sangat penting untuk disikapi secara serius yang akan membuka wawasan serta memotivasi semua pihak tentang pentingnya budaya literasi yang diletakkan sebagai salah satu kegiatan prioritas pembangunan untuk menghadirkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Kegiatan ini sangat memiliki nilai yang tinggi dalam rangka peningkatan indeks literasi sehingga menjadi tantangan untuk berinovasi dalam peradaban yang sangat maju dan kegiatan ini merupakan awal yang baik menghadirkan peran institusi”kata Bupati.

Dihadapan Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bupati juga menyampaikan masalah kelangkaan tenaga di lini jabatan fungsional pustakawan sebagai unsur penting dalam memaksimalkan peran dan kualitas perpustakaan daerah. Menurutnya, perlu difikirkan bagaimana menghadirkan tenaga fungsional khususnya di perpustakaan karena jabatan ini sangat langka sehingga dengan kegiatan ini tentunya dapat meningkatkan indeks literasi.

Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih khusus kepada anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan yang telah memberi perhatian khusus kepada Kabupaten Deliserdang dan memberi bantuan pembangunan perpustakaan dalam menumbuhkembangkan budaya literasi serta meningkatkan minat baca masyarakat di Kabupaten Deliserdang.

Kepala Perpustakaan Nasional RI M. Syarif Bando dalam kesempatan itu menjelaskan pengertian literasi. Dijelaskannya, Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis, saat ini istilah Literasi sudah mulai digunakan dalam arti yang lebih luas dan sudah merambah pada praktik kultural yang berkaitan dengan persoalan sosial dan politik.

Dikatakannya, salah satu tugas perpustakaan yaitu membumikan budaya literasi melalui optimalisasi pengembangan inovasi akses masyarakat kepada pengetahuan harus menjadi kegiatan prioritas yang perlu ditegaskan untuk mewujudkan SDM Indonesia yang berkualitas, berbudaya dan kompetitif.

Ia melihat ada pemahaman umum yang tidak lengkap terkait aktivitas literasi di kalangan masyarakat. Menurutnya, literasi bukan sekedar aktivitas membaca dan menulis semata akan tetapi merupakan proses untuk mengembangkan pengetahuan SDM yang memiliki keterampilan unggul dan inovatif melalui sumber pengetahuan yang tersedia di perpustakaan.

“Mohon difahami literasi bukan sekedar memilah huruf, mengenal kata akan tetapi literasi memiliki formula baru sesuai kebijakan pusat. Literasi merupakan suatu kemampuan individu untuk dapat menggunakan potensi serta keterampilan dalam mengolah dan juga memahami informasi saat melakukan kegiatan atau aktivitas membaca dan menulis”katanya.

Ia mengajak seluruh pihak termasuk pemerintah daerah untuk berkomitmen memperkuat sumber daya perpustakaan sebagai salah satu sarana membangun SDM yang berkualitas mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan dalam kesempatan itu mengatakan bahwa Kabupaten Deliserdang daerah yang sangat tepat dilakukannya kegiatan ini karena Deliserdang selain merupakan yang cukup potensial dan lengkap juga merupakan centra pembangunan Sumatera Utara ke depan.

Dikatakannya, definisi baru dari literasi menunjukkan paradigma baru dalam upaya memaknai literasi dan pembelajaran nya. Kini ungkapan literasi memiliki banyak variasi seperti Literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, dan lain sebagainya.

Hakikat ber-literasi secara kritis dalam masyarakat demokratis diringkas dalam lima verba: memahami, melibati, menggunakan, menganalisis, dan mentransformasi teks. Kesemuanya merujuk pada kompetensi atau kemampuan yang lebih dari sekedar kemampuan membaca dan menulis. Dan secara etimologis istilah literasi sendiri berasal dari bahasa Latin “literatus” yang artinya adalah orang yang belajar. Dalam hal ini, literasi sangat berhubungan dengan proses membaca dan menulis.

Dalam kesempatan itu, dr Sofyan Tan juga menyatakan bahwa dirinya akan berjuang dan mendorong pemerintah pusat untuk memberi bantuan terhadap rencana pembangunan gedung perpustakaan di Kabupaten Deliserdang.

Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Deliserdang H. Misran Sihaloho dalam laporannya menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membangun pemahaman dan komitmen bersama dalam rangka mendorong peningkatan budaya literasi di seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Deliserdang. Sedangkan peserta terdiri dari Kepala Sekolah, Kepala Desa, penggiat literasi perpustakaan dan taman bacaan masyarakat. (a14/a01/B)

 

BUPATI Deliserdang H Ashari Tambunan disaksikan Wabup HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan cenderamata kepada anggota Komisi X DPR RI dr Sofyan Tan pada acara Inovasi dan Kreativitas Pustakawan Dalam Penguatan Indeks Literasi Masyarakat Untuk Mewujudkan SDM Unggul Menuju Indonesia Maju di Aula Cendana antai II Kantor Bupati, Senin (28/9). (Waspada/Khairul K Siregar/B)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2