Waspada
Waspada » Deklarasi Botoma Jadi Awal Perjuangan Hak-Hak Perempuan Di Toba
Headlines Sumut

Deklarasi Botoma Jadi Awal Perjuangan Hak-Hak Perempuan Di Toba

Pelantikan Pengurus Boru Toba Marsada (Botoma) di Convention Hall Sinar Minang, Balige, Minggu (9/11). Deklarasi Botoma jadi awal perjuangan hak-hak perempuan di Toba. Waspada/Ramsiana Gultom
Pelantikan Pengurus Boru Toba Marsada (Botoma) di Convention Hall Sinar Minang, Balige, Minggu (9/11). Deklarasi Botoma jadi awal perjuangan hak-hak perempuan di Toba. Waspada/Ramsiana Gultom

TOBA (Waspada) : Deklarasi Boru Toba Marsada (Botoma) menjadi awal berdirinya organisasi perempuan yang bergerak di bidang sosial, pendampingan hukum dan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan perempuan di Kabupaten Toba. Deklarasi sekaligus pelantikan diadakan di Convention Hall Restauran Sinar Minang, Balige, Kab. Toba, Minggu (8/11).

Organisasi Botoma berdiri atas kegelisahan bersama perempuan yang terdiri dari beragam profesi di Kabupaten Toba. Kegelisahan atas persoalan perempuan dan anak yang kurang mendapat perhatian khusus di Toba.

“Organisasi Botoma berdiri pada tanggal 6 Oktober 2020 di Balige. Merupakan organisasi independen yang akan bekerja memajukan perempuan Toba dan memberikan pendampingan bagi perempuan Toba. Dengan berdirinya organisasi ini diharapkan perempuan Toba akan semakin bersatu, maju dan sejahtera sesuai yel yel Botoma,” ujar Ketua Panitia Rini Sitorus.

Ketua Umum terpilih Botoma Rosanna Napitupulu dalam sambutannya menyampaikan bahwa Botoma merupakan organisasi perempuan yang memiliki visi dan misi yang sama untuk memajukan perempuan Toba, memperjuangkan hak-hak perempuan di setiap profesi yang sedang digeluti.

“Dengan hadirnya Botoma di Kabupaten Toba diharapkan mampu mengangkat derajat perempuan, memperjuangkan perempuan korban KDRT dan anak-anak korban pelecehan seksual serta melakukan pendampingan kepada Lansia dan Balita. Dengan hadirnya Botoma menjadi warna dan semangat baru di Kabupaten Toba,” papar Rosanna.

Deklarasi Botoma juga dirangkai dengan cek kesehatan gratis, penyuluhan HIV/AIDS, senam zumba bersama dan pemberian tali asih kepada 5 keluarga kurang mampu sebagai bentuk kepedulian bagi sesama.

Pengurus Botoma yang dilantik, Ketua Umum Rosanna Napitupulu, Sekretaris Umum Natalia Hutajulu, dan Bendahara Umum Rentina Sembiring. Selain pengurus Kabupaten juga dilantik pengurus kecamatan yakni Kecamatan Balige, Kecamatan Tampahan, Laguboti, Kecamatan Siantar Narumonda, Kecamatan Porsea, Kecamatan Parmaksian dan Kecamatan Pintu Pohan Meranti. Turut dilantik Penasehat Botoma Sarma Hutajulu, Ros Adelina Simangunsong dan Marieta Tobing serta Pembina Botoma Bulan Siahaan dan Renta Junita Simangunsong,

“Diharapkan Botoma akan terus berkembang menjadi organisasi yang kuat dan bisa eksis di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Toba. Dengan demikian Botoma akan berkontribusi positif bagi kemajuan kaum perempuan mulai dari desa hingga nasional,” pungkas Rosanna Napitupulu. (a36)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2