Waspada
Waspada » Debit Air Tinggi Tanggul Sungai Dalu Dalu Kritis
Sumut

Debit Air Tinggi Tanggul Sungai Dalu Dalu Kritis

Kondisi tanggul Sungai Dalu dalu di Desa Sukaraja Kec. Airputih, Kab. Batubara sangat kritis. Ratusan hekyar sawah dan pemukiman terancam terendam.( foto Agusdiansyah Hasibuan)

BATUBARA (Waspada): Tingginya curah hujan satu minggu terakhir ini,meningkatkan debit air Sungai Dalu dalu, kritisnya beberapa titik tanggul, ancam keselamatan warga dua desa.

Pantauan Waspada di lokasi , Minggu (21/11) sekira pukul 11.00 ketinggian air di anak Sungai Bahbolon ini berada di kaki tanggul. Kondisi tanggul menurut salah seorang warga Ridho, sudah runtuh setengah dari kemarin.

” Kemarin saya masih bisa lewat di tanggul ini dengan sepeda motor membawa sawit, hari ini sudah setengahnya, sepeda motor sudah tidak bisa lewat lagi , ya terpaksa dituntutunlah,” kata Ridho.

Kepala Desa Sukaraja, Kec. Airputih, Kab. Batubara M Rafi dilokasi tanggul menyatakan sudah pasrah. Sebelumnya pemerintahan desa sudah melaporkan kondisi tanggul ke Pemkab Batubara. Melalui dinas terkait juga sudah ditangani menggunakan alat berat yang dananya dilimpahkan ke desa.

” Kita tidak sanggup menangani tanggul itu, ini tidak bisa dikerjakan manual melalui gotong royong, sedangkann menggunakan alat berat kita tak punya dana,” ujarnya.( a17.b)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2