Darma Wijaya Tinjau Pelayanan Adminduk

  • Bagikan

SEIRAMPAH (Waspada): Usai meninjau lokasi persiapan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Koordinator Wilayah Sumatera Utara (Sumut) di seputaran kantor Bupati yang baru di Sei Rampah, Rabu (18/5).

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya meninjau pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kab.Sergai di komplek kantor Bupati.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Darma Wijaya langsung berdialog (ngobrol) menyapa masyarakat yang tengah mengurus data kependudukan.

” Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pihak Pemkab Sergai melalui Dinas Dukcapil juga telah menyiagakan pelayanan data kependudukan khususnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) di 5 Kecamatan agar masyarakat lebih mudah menjangkau dan tidak harus jauh-jauh ke kantor Dinas Dukcapil di Sei Rampah”, terang Darma Wijaya kepada sejumlah Wartawan di sela peninjauan.

Bupati juga berpesan kepada Petugas Disdukcapil agar memprioritaskan pelayanan data kependudukan terhadap masyarakat agar cepat selesai, menginggat pentingnya data atau dokumen kependudukan tersebut.

Kadis Dukcapil Sergai Fitriadi melalui Sekretaris Dukcapil Syafran mengakui pada bulan Mei jumlah masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan (Adminduk) mengalami peningkatan yang didominasi masyarakat yang tengah berlibur dari luar daerah sehingga terkesan membeludak.

Meskipun lanjut Sekretaris Disdukcapil, pihak Dinas telah membuka pelayanan berupa Perekaman dan cetak KTP yang saat ini sudah ada di 5 Kecamatan yakni di Kec.Perbaungan, Teluk Mengkudu, Tebing Syahbandar, Serba Jadi serta Kec. Dolok Merawan.

Adapun imbuh Sekretaris Disdukcapil, di kantor Dinas Dukcapil meliputi pelayanan seluruh Administrasi Kependudukan (Adminduk) seperti Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Kawin, Akte Cerai, Kartu Keluarga (KK) , KTP, dan Surat Pindah serta lainnya.

” Meskipun telah ada pelayanan di tingkat Kecamatan, namun masih ada image masyarakat bahwa pelayanan di Dinas Dukcapil lebih cepat, sehingga warga yang masih liburan dari dari luar Sergai lebih dan juga keluarga pemula (baru) lebih memilih pengurusan Adminduk ke kantor Dinas, sehingga terkesan membeludak”, terang Syafran.

Selain itu jaringan , pelayanan di Kecamatan diakui Sekretaris Disdukcapil kerap terkendala lemahnya jaringan sehingga pelayanan terkesan lambat sehingga berpengaruh terhadap pelayanan di Kecamatan.

Lim Swi King Silitonga,39, asal Kec.Tebing Syahbandar yang sekarang menetap di Kel.Sidomulyo Kec.Tampan Kota Pekan Baru kepada Waspada menuturkan manfaatkan waktu pulang ke kampung halaman di Kec.Tebing Syahbandar membantu mengurus dokumen kependudukan milik keluarganya diantaranya kartu keluarga (KK).

Selain itu sebut Lim Swi King, Sistem jaringan Pelayanan Kependudukan di kantor Camat Tebing Syahbandar sedang ada ganguan (jaringan lambat) sehingga diarahkan ke Dinas Dukcapil, dirinya juga mengakui bahwa pelayanan di Dinas Dukcapil maksimal. (a15).

.

  • Bagikan