Dandim 0204 DS Renovasi Tugu Merah Putih Tanjung Beringin - Waspada

Dandim 0204 DS Renovasi Tugu Merah Putih Tanjung Beringin

  • Bagikan

 

TANJUNGBERINGIN (Waspada): Dandim 0204 Deli Serdang (DS) Letkol Kav Jackie Yudhantara merenovasi tugu merah putih yang berada di Jl. Merdeka, Dusun III , Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Peresmian Tugu Merah Putih oleh Dandim 0204 DS, Jumat (30/4) yang dihadiri Pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sergai.

Disampaikan Dandim 0204 DS bahwa lokasi ini merupakan tonggak pertama berkibarnya bendera Merah Putih di Tanjung Beringin setelah Indonesia merdeka,

“Sejarah perjuangan kemerdekaan di Kabupaten Serdang Bedagai tidak terlepas dari tugu merah putih yang ada di Kecamatan Tanjung Beringin, lokasi sekarang dibangun tugu merah putih tempat pertama kali berkibarnya bendera merah putih di Kabupaten Sergai”,terang Letkol Kav Jackie Yudhantara.

Dikisahkan Dandim 0204 DS, pengibaran bendera merah putih dilakukan seorang pejuang asal Kecamatan Tanjung Beringin setelah Indonesia merdeka tanggal 17 Agustus 1945.

Dengan telah direnovasi tugu merah putih di Jl. Merdeka ini harap Dandim 0204 DS, kiranya masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin agar menjaga serta merawat tugu tersebut, sebab tugu ini bentuk sejarah perjuangan masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin mengibarkan bendera merah putih setelah Indonesia merdeka.

Terpisah Pengurus LVRI Sergai, Adenan,80, menjelaskan, pengibaran bendera merah putih pertama kali di Kecamatan Tanjung Beringin olah seorang laskar Benteng Laut (Bela) bernama Halus pada tanggal 11 November 1945.

Menurut Adenan, awalnya seorang sopir truk dari suku etnis Tionghoa asal Tanjung Beringin, Ahai baru pulang dari Medan menyampaikan informasi bahwa Indonesia sudah merdeka.

” Mendengar informasi itu Halus langsung mengambil bendera merah putih dan mengibarkannya dilokasi tugu merah putih yang selesai direnovasi ini”, terang Adenan.(a15)

Dandim 0204 Deli Serdang Letkol Kav Jackie Yudhantara bersama LVRI Sergai saat meresmikan tugu merah putih yang telah direnovasi, Jumat (30/4) di Jl. Merdeka, Dusun III , Desa Pekan Tanjung Beringin, Kec. Tanjung Beringin, Kab.Sergai. Waspada/Ist
.

  • Bagikan