Waspada
Waspada » Dana Tidak Dicairkan, Disdukcapil Binjai Hentikan Pelayanan
Headlines Sumut

Dana Tidak Dicairkan, Disdukcapil Binjai Hentikan Pelayanan

Warga yang kecewa di halaman kantor Disdukcapil jalan Jambi Binjai. (Waspada/ Riswan Rika/B)

BINJAI ( Waspada) : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil( Dusdukcapil) Kota Binjai, Selasa( 1/12) siang memberhentikan semua bentuk pelayananan ke masyarakat.

Pelayanan pembuatan KK, KTP dan KIA ditutup,akibat dana pembayaran alat dan barang keperluan Dukcapil tidak dicairkan Badan Penglolaan Keuangan,Pendaoatan dan Aset Daerah ( BPKPAD) Kota Binjai.

“ Apa alasan BPKPAD tidak mencairkan anggaran Dana Alokasi Khusus( DAK) ,Yang heran Ka BPKPAD bisa diperintah bawahan, ini luar biasa,” ujar Tobertiba.

Di hadapan puluhan masyararakat yang menanti penyelesaian urusan KK,KTP di kantor Disdukcapil Jalan Jambi Binjai oleh Tobertina ditegaskan,pelayanan Di kantor Catatan sipil untuk sementara dihentikan,sampai dana dikeluarkan.

Beberapa warga masyarakat sangat kecewa, apalagi sudah menunggu setengah hari.

”Kami sudah menunggu sejak pukul 10.00 wib, ternyata pelayanan ditutup,padahal KTP diperlukan untuk melamar kerja,” ujar seorang wanita yang minta namanya tidak disebutkan.

Tobertina mengajak warga mendatangi kantor BPKPAD yang bersebelahan dengan kantor Disdukcapil minta agar anggaran pembelian barang Disdukcapil dibayarkan.

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Binjai Tibertina menjelaskan, angaran dana DAK Non fisik 2020, SP2D dari Kemeneterian Dirjendukcapil di Jakarta sudah dikucurkan ke kas daerah kota Binjai dengan nomor SP2D : 200191301219308 tanggal 13 Oktober 2020. SPM sudah ditertibkan 10 November 2020 dengan No. 0051/SPM/LS-BJ/Catpil/XI/2020 dan No. 0052/SPM/LS-BJ/Catpil/XI/2020,
Ka BPKPAD Kota Binjai Affan yang mau dikonfirmasi,oleh stafnya dinyatakan tidak berada di tempat.

“ Kalau pembayaran tidak dilakukan kami bisa kena pinalti, bahkan tahun lalu jadi piutang,” ujarnya.

Tobertina mengaku, pihaknya bekerja keras melayani masyarakat. Atas prestasinya ia memperoleh penghargaan juara III pelayanan terbaik perekaman KTP dan termasuk 25 daerah terbaik hasil perekaman setelah dikombinasikan antara data SIAK dan data KTP.”

Tobertina juga memasang pengumuman di depan kantor yang menyatakan kepada warga kota Binjai yang ingin melakukan pelayanan administrasi kependudukan silakan dating kje Wali Kota Binjai,ajudan Walikota ( bapak Alwi).

Dan masalah peneutupan pelayanan juga sudah dilaporkan kepada anggota DPRD Binjai,” Kasus ini juga akan Saya lapor ke Dirjendukcapil secara langsung,” tegasnya. (a.12/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2