Waspada
Waspada » Dampak Corona, Penumpang Ke LN Di KNIA Menurun
Sumut

Dampak Corona, Penumpang Ke LN Di KNIA Menurun

DELISERDANG (Waspada): Arus pergerakan penumpang tujuan luar negeri melalui Kualanamu International Airport (KNIA) menurun. Penurunan jumlah penumpang itu ditengarai dampak virus Corona yang berasal dari Wuhan,China.

Informasi dihimpun Waspada, Selasa (11/2), tak sedikit dari calon penumpang tujuan luar negeri yang sudah membeli tiket secara mendadak membatalkan (cancel) penerbangannya.
Penerbangan Silk Air,MI233 yang berangkat, Selasa pukul 08:40 misalnya. Selain jumlah penumpangnya 62 orang, tak sedikit calon penumpang membatalkan penerbangan.
Station Manager Silk Air Kualanamu Vitra P Maulana yang dikonfirmasi Waspada menyatakan penurunan jumlah penumpang tujuan Singapura sudah terjadi beberapa hari terakhir ini.
Vitra yang juga Sekretaris Airlines Operator  Committe (AOC) Kualanamu ini juga tak menampik dampak virus Corona diduga menjadi salahsatu kekhawatiran penumpang. Apalagi, saat ini di Singapura menetapkan status waspada virus Corona.
Selain Silk Air, Jet Star 3K 282 juga tujuan Singapura yang berangkat Selasa pukul 11:25 penumpangnya 72 orang. Jumlah itu terbilang menurun jika dibanding sebelum adanya virus Corona.
Sementara, penerbangan tujuan Malaysia, seperti maskapai MH dari Kualanamu juga terdapat penurunan jumlah penumpang. “Ya, kalau arus biasa yang berangkat seratusan lebih penumpang, beberapa hari ini terdapat 90-an saja,” ucap salahsatu petugas kounter.
Kabid Promosi dari Dinas Kebudayaan dan  Pariwisata Sumatera Utara Muchlis Nasution,MSi yang dikonfirmasi membenarkan kalau  arus penumpang di KNIA menurun. Tapi itu bukan,disebabkan virus Corona, tapi memang karena faktor low season.
“Belum ada datanya  penumpang sepi karena dampak virus Corona, tapi yang pasti Februari ini memang lagi musim sepi penumpang,”jelasnya.
Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumatera Utara Solahuddin Nasution mengakui virus Corona memberikan dampak, karena penerbangan dari dan ke Tiongkok secara berangsur-angsur hampir dari semua negara telah ditutup.
Singapura sebagai hub di kawasan asia tenggara juga sudah menaikkan status waspada  corona. Kondisi ini tentu menimbulkan kekhawatiran dan kegelisahan di tengah-tengah masyarakat dunia. Sehingga sejumlah penumpang mengurungkan niat untuk melakukan perjalanan wisata.
Bahkan yang sudah membeli tiket dan membeli paket-paket wisata sebelumnya telah banyak melakukan pembatalan. “Jadi, harapannya ke depan virus Corona itu cepat berlalu, sehingga arus penumpang khususnya wisatawan kembali bergairah ke Sumut,” pungkasnya. (m29/C)

Sejumlah calon penumpang tujuan luar negeri di KNIA menurun pasca dampak virus Corona dari Wuhan,China. Waspada/Irianto

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2