Waspada
Waspada » Covid-19 Di Tanjungbalai 5 Meninggal, 101 Sembuh
Sumut

Covid-19 Di Tanjungbalai 5 Meninggal, 101 Sembuh

 

TANJUNGBALAI ( Waspada) : Warga Kota Tanjungbalai yang terpapar virus Covid -19, mencapai 108 orang.

Dari jumlah itu, yang meninggal sebanyak 5 orang, dinyatakan sembuh 101 orang dan 2 lagi masih dalam perawatan intensif.

“Terhitung sampai hari ini, jumlah terpapar Covid-19 sebanyak 108 orang,” kata Kadis Kominfo Kota Tanjungbalai Walman Riadi Girsang kepada Waspada Selasa (26/1).

Lebih lanjut dikatakannya, warga terpapar Covid-19 itu, tersebar di enam kecamatan. Adapun rinciannya, Kec. Datukbandar sebanyak 49 orang dan 2 di antaranya meninggal, Datukbandar Timur 8 orang dan satu diantaranya meninggal, Tanjungbalai Selatan 26 orang dengan rincian 2 meninggal dan dua lagi masih dalam perawatan.

Kemudian, kata Walman, Kec. Tanjungbalai Utara sebanyak 10 orang dan sudah dinyatakan sembuh, Teluknibung 9 orang sembuh dan Seitualang Raso 6 orang dan sudah dinyatakan sembuh.

Vaksinasi

Terkait dengan rencana vaksinasi, Walman menyatakan, Penko Tanjungbalai masih menunggu pendistribusiannya yang diperkirakan pada Pebruari mendatang.

Tercatat menurut dia, Pemko sudah menyiapkan tenaga medis sebagai vaksinator sebanyak 19 orang dan dua diantaranya berasal dari Kepolisian.

” Walikota dan unsur forkopimda beserta pejabat Pemko siap untuk divaksin pertama nantinya,” kata Walman.

Dia menambahkan, Pemko juga sudah menggelar sosialisasi pemberian vaksinasi Covid-19 Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai Senin (25/1/2021).

Acara itu buka oleh Sekdakot Tanjungbalai, Yusmada SH, M.AP dan dihadiri para narasumber diantaranya Kepala Loka POM Tanjungbalai Denny S. Purba, S.Si, Apt, Ketua MUI Hazarul Aswad, S.Pd.I, spesialis RSUD Tanjungbalai dr. Hendra Wijaya. Sp.PD, Kadis Kesehatan Tanjungbalai Burhanuddin SKM, M.Kes, FKUB Tanjungbalai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Camat serta Lurah.

Sekda Yusmada mengatakan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat aman dari vaksinasi.

“Jadi dengan adanya sosialisasi ini masyarakat mendapatkan informasi yang benar terkait vaksin Covid-19,” katanya.

Vaksinasi sendiri akan dilakukan secara bertahap, prioritas utama adalah untuk para tenaga medis. Di mana rencanannya akan diberikan dalam waktu dekat ini.

“Vaksinnya saat ini masih berada di provinsi, jumlahnya untuk Kota Tanjungbalai sendiri kita belum dapat angkanya tapi yang jelas sesuai dengan tenaga medis kita,” sebut Yusmada.

Ketua MUI Tanjungbalai Hazarul Aswad mengatakan, sebagaimana yang disampaikan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat yang telah mengeluarkan Fatwa bahwa vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat adalah halal.

Hal sama disampaikan Kepala Balai Loka POM,Denny S Purba. Kata dia, vaksin yang akan diberikan ke masyarakat telah mengeluarkan ijin penggunaan darurat EUA : Emergency Use Aurhorization. (a22/a21)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2