Cegah Penyebaran Covid-19, BPBD dan Dinkes Sidimpuan Bantu Warga

Cegah Penyebaran Covid-19, BPBD dan Dinkes P. Sidimpuan Bantu Warga Gelar Hajatan

  • Bagikan
Kalak BPBD Kota P. Sidimpuan Arpan Harapan Siregar. Cegah penyebaran Covid-19, BPBD dan Dinkes P. Sidimpuan bantu warga gelar hajatan. Waspada/Syarif Ali Usman
Kalak BPBD Kota P. Sidimpuan Arpan Harapan Siregar. Cegah penyebaran Covid-19, BPBD dan Dinkes P. Sidimpuan bantu warga gelar hajatan. Waspada/Syarif Ali Usman

P. SIDIMPUAN (Waspada): Mencegah penyebaran Covid-19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Kesehatan P. Sidimpuan siap kerahkan personel medis dan kenderaan untuk membantu warga dalam menggelar hajatan di tengah Pandemi Covid-19.

“Nantinya, kedua dinas ini akan mengimbau dan mengarahkan agar warga mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19,” ujar Kalak BPBD Kota P. Sidimpuan Arpan Harapan Siregar, Jumat (13/11).

Hal tersebut dilaksanakan untuk perlindungan kepada penyelenggara hajatan dan undangan yang menghadiri hajatan seperti pesta pernikahan dari penyebaran Virus Corona dan sebagai bentuk pelayanan terhadap warga baik melalui sosialisasi maupun secara observasi di lapangan dalam menekan angka penyebaran Covid-19, khususnya saat masa pendemi seperti saat ini.

Katanya, Tim BPBD dan Dinkes akan melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan, kemudian menyediakan tempat cuci tangan dan kenderaan pengangkut air bersih yang khusus untuk keperluan itu, petugas yang akan mengecek suhu tubuh, petugas yang akan mengarahkan warga agar menjaga jarak selama hajatan berlangsung dan petugas yang akan memasangkan masker bagi warga yang tidak bermasker.

Menurut Arpan,, bila dalam hajatan tersebut warga mematuhi protokol kesehatan seperti selalu mencuci tangan memakai sabun dan tetap menggunakan masker serta menjaga jarak maka hajatan akan berlangsung dengan selamat tampa menimbulkan klaster baru.

Agar hal tersbut dapat terlaksana, Arpan, meminta agar warga yang akan melaksanakan hajatan berupa pesta ataupun hajatan lainnya agar melapor ke Kantor BPBD Kota P. Sidimpuan, agar pihak BPBD mengatahui hajatan tersebut dan mempersiapkan personel dan peralatan yang dibutuhkan.

Ditegaskan Arpan, warga yang melapor tidak akan dipungut biaya apapun, karena seluruh keperluan yang dibutuhkan personel saat melaksanakan tugas ditanggung dinas dan hal tersebut sudah pernah diterapkan BPBD P. Sidimpuan pada sebuah pesta perkawinan yang digelar beberapa waktu lalu.(a31)

 

 

  • Bagikan