Camat dan Kades Harus Siap Siaga Jaga Wilayahnya - Waspada

Camat dan Kades Harus Siap Siaga Jaga Wilayahnya

  • Bagikan

SEIRAMPAH (Waspada): Selain pandemi, saat ini kita juga menghadapi tantangan yang tak kalah besar yaitu bencana banjir yang menimpa saudara-saudara kita di beberapa kecamatan.

Di sini juga saya meminta kepada tenaga kesehatan untuk ikut turun memberi layanan kesehatan terbaik kepada para korban banjir.

Demikian ditegaskan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) saat memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 (Pemkab Sergai) di halaman apel kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (22/11).

Bupati menerangkan, saat ini ada 5 kecamatan yang terdampak bencana banjir di Sergai yaitu Sei Rampah, Tanjung Beringin, Dolok Masihul, Tebing Tinggi dan Sipispis.

” BMKG meramalkan curah hujan masih akan tinggi, kita mesti waspada terhadap kemungkinan terburuk meluasnya banjir, terutama di Kecamatan Bandar Khalipah, saya titip pesan kepada Camat dan Kades supaya siap siaga dalam menjaga wilayahnya,” pungkas Darma Wijaya.

Sebumnya Bupati Sergai H. Darma Wijaya berharap target pelaksanaan program vaksinasi di Tanah Bertuah Negeri Beradat bisa segera tercapai demi menciptakan herd immunity.

“ Saya mengajak seluruh pihak terkait, terutama para tenaga kesehatan, untuk maksimal bekerja dalam mengentaskan pandemi Covid-19 lewat implementasi vaksinasi. Diharapkan sampai akhir tahun ini, target 70% bisa sama-sama kita capai,” ucap Darma Wijaya.

Disampaikan Bupati, agar beberapa Kecamatan yang belum memenuhi capaian bisa meningkatkan vaksinasi lewat metode door to door dengan hadir langsung ke kediaman warga yang belum divaksin.

Bupati mencontohkan Kecamatan Dolok Masihul yang persentase vaksinasinya cukup tinggi. Hal ini, sebutnya, karena soliditas dan kerja sama yang dijalin, mulai dari Kepala Puskesmas, Kepala Desa dan stakeholder lainnya.

“ Kita harus bahu-membahu menuntaskan permasalahan Covid-19 ini. Kalau bisa tahun depan kita tidak lagi berkutat di pandemi, tapi sudah maju, bergegas bicara soal pembangunan dan pemulihan ekonomi di bumi Sergai,” imbuh Darma Wijaya.

Secara khusus Bang Wiwiek sapaan akrab Darma Wijaya, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada para tenaga kesehatan yang telah berada di garda terdepan dalam proses percepatan penanganan pandemi di Sergai.

Upacara HKN kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala dan sertifikat pemenang kepada puskesmas yang memenangkan lomba yang digelar dalam rangka HKN.

Kemudian dalam kesempatan ini disematkan juga selempang dan rompi kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Sergai Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya sebagai Duta TBC dan Ketua GOPTKI Ny. Hj. Aini Zetara Adlin Tambunan sebagai Duta Stunting.

Acara kemudian ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng, hadir dalam upacara HKN Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, para Camat dan Kepala Puskesmas se-Sergai.(a15/B)

  • Bagikan