Waspada
Waspada » Buronan Kejari Karo Diamankan
Sumut

Buronan Kejari Karo Diamankan

Terpidana saat diserahkan Tim Kejari Karo ke Rutan Tanjung Gusta Medan. Waspada/Ist
Terpidana saat diserahkan Tim Kejari Karo ke Rutan Tanjung Gusta Medan. Waspada/Ist

TANAH KARO (Waspada): Buronan Kejari Karo berinisial AM, 62, penduduk Jl. Kutacane, Kel. Lau Cimbah, Kec. Kabanjahe berhasil diamankan Tim Kejari Karo dipimpin Kasi Intel Arif Kadarman, SH, di wilayah Medan, Rabu (29/1).

AM merupakan terpidana kasus korupsi dana rehabilitasi gedung SD dan pengadaan meubeler untuk 39 SD yang anggarannya bersumber dari DAK non dana reboisasi pada Dinas Pendidikan Kab. Karo Tahun Anggaran 2005. Total kerugian negara dalam perkara itu mencapai Rp633.00.000.

Seharusnya, AM diamankan setelah Kejari Karo menerima putusan MA. Namun, Tim Intelijen dan Pidsus gagal melakukan eksekusi, karena terpidana sudah tidak berada lagi di rumahnya.

Hal ini disampaikan Kejari Karo Denny Achmad melalui Kasi Intel Arif Kadarman, SH kepada Waspada.

Usai mengamankan terpidana, Tim Kejari Karo langsung memboyongnya ke Rutan Tanjunggusta Medan, guna menjalani masa tahanannya.

Arif menambahkan, selama menjadi buronan, terpidana selalu berpindah-pindah tempat. Pencarian dilakukan di dua wilayah diantaranya, Kabupaten Karo dan Jakarta Timur. Diduga terpidana bersembunyi di rumah keluarganya. Namun saat tim mendatangi kedua rumah tersebut, ternyata terpidana tidak berada di sana. Hingga akhirnya terpidana berhasil diamankan di Medan.

Atas perbuatannya, terpidana dijatuhi hukuman pidana penjara selama 4 tahun 6 bulan dan denda sebesar Rp200 juta subs 6 bulan kurungan sesuai dengan Putusan Mahkamah Agung RI No. 152 PK/PID.SUS/2017 tanggal 15 Februari 2017 Jo Putusan Mahkamah Agung RI No. 2120 K/PID.SUS/2015 tanggal 24 Mei 2016.(c10/C)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2