Bupati Simalungun Dorong Petani Jeruk Manfaatkan Label Brand Simaloengoen 

  • Bagikan

SIMALUNGUN (Waspada): Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, melakukan pertemuan silaturahmi dengan petani jeruk di Rest Area Nagori Purba Tongah, Kec. Purba, Kab. Simalungun, Selasa (24/5/2022). 

Birma Saragih selaku ketua panitia mengatakan, pertemuan silahturahmi tersebut merupakan tindak lanjut dari program pengiriman jeruk dengan brand Simaloengoen dan produk pertanian lainnya.

Selain petani jeruk, silahturrahmi itu juga dihadiri para petani kentang, bawang dan juga para pengusaha lainnya. Dia berharap, pertemuan petani dan Pemerintah berdampak pada peningkatan perekonomian bagi para petani di Kab. Simalungun.

Dalan pertemuan itu diharapkan petani dapat menyampaikan keluh kesah dan apa yang menjadi persoalan bagi petani.

Sementara, Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga, menyampaikan bahwa wilayah Kab. Simalungun sebagian merupakan daerah penghasil holtikultura yang dapat menjadi ketahanan pangan dan ketahanan harga.

Dikatakan, Pemkab Simalungun akan memprioritaskan pembangunan jalan pertanian untuk mendukung produktifitas hasil pertanian dari daerah ini. ” Kedepannya saya akan prioritaskan pembagunan jalan untuk pertanian, namun harus ada kerja sama kita, bagaimana ini bisa terlaksana. Ketika bapak ibu petani dan pedagang serta pengusaha lebih memilih untuk mengirim jeruk dengan label brand Simaloengoen, maka akan ada peningkatan PAD yang kita dapatkan dan ada alasan saya menyampaikan kepada DPRD untuk memberikan prioritas pembagunan di wilayah kita ini,” tutur Bupati, seraya menginginkan jeruk Simalungun lah yang menguasai pasar-pasar di Indonesia, seperti contoh di Pasar Induk Keramat Jati.

Lebih lanjut dikatakan, harus ada edukasi dan inovasi dari dinas terkait. Seperti Dinas Pertanian dan Perindustrian dan Perdagangan dalam menangani ini. ” Kita lihat juga bawah jeruk yang di kemas mudah terjual dan cepat laku di bandingkan dengan menggunakan kerajang,” tukas Radiapoh.

Kemudian Bupati juga meminta kepada para petani agar mampu menjaga kualitas dan faham teknologi serta kontinu ketersediaan barang agar dapat menjaga ketahanan harga. ” Ketika kita sudah memiliki pelanggan, dan ketika mereka meminta kita punya ketersediaan barang yang di minta. Juga harus dibuat datanya tentang kondisi pertanian kita, mulai kapan melaksanakan pembibitan penanaman dan masa panen agar kita dapat menjaga ketahanan harganya, dan kita mampu menguasai hilir sampai ke hulunya,” tandas Bupati.

Di kesempatan itu Bupati mengatakan bahwa kehadiran pemerintahan saat ini harus bisa memberikan solusi kepada para petaninya, apa yang menjadi persoalan di tengah-tengah petani. 

“Kita harus hadir dalam memberikan kemudahan bagi para petani dan pengusaha jeruk serta hasil Pertanian yang lainnya,” kata Bupati.

Turut mendampingi Bupati dikegiatan itu antara lain, Kadis Hanpangkanter Robert Pangaribuan, Kadis Koperasi dan UKM Maruli Tambunan, Kadis Pertanian Ruslan Sitepu, Plt Kadis Kominfo SML Simangunsong, Direktur PD Argomadear Darma Sipayung. Kadis Perindag Leo L Haloho, Camat Purba Bagun Siregar bersama Kapolsek Tiga Runggu AKP M. Sinaga dan mewakili Danramil 13 Purba  Sertu M Siregar.(a27)..

Ket.gbr: Bupati Simalungun Radiapoh H Sinaga saat bersilaturahmi dengan petani jeruk di Rest Area Kec. Purba, Selasa (24/5).(ist).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.