Waspada
Waspada » Bupati Sergai Hadiri Peluncuran Produk Pakan Mandiri UMKM Dambaan
Sumut

Bupati Sergai Hadiri Peluncuran Produk Pakan Mandiri UMKM Dambaan

BUPATI Sergai H Darma Wijaya didampingi ketua Dewan UKM Komda Sergai Budi SE serta pelaku UKM Dambaan saat peluncuran produk Pakan Ternak Mandiri, Senin (12/4). Waspada/Ist
BUPATI Sergai H Darma Wijaya didampingi ketua Dewan UKM Komda Sergai Budi SE serta pelaku UKM Dambaan saat peluncuran produk Pakan Ternak Mandiri, Senin (12/4). Waspada/Ist

Sergai (Waspada): Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya hadiri peluncuran produk Pakan Mandiri UMKM DAMBAAN di Dusun I Kecamatan Sei Bamban,  Senin (12/4). Dia didampingi Ketua Komite Daerah Dewan UKM Sergai, Budi SE MM.

Saat ini, menurut Bupati, Pemkab Sergai tengah fokus mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di antaranya milik H M Tamlih Nasution.

Pada kesempatan itu, produk yang diluncurkan berupa pakan ternak dari UMKM DAMBAAN sebagai salah satu Gerakan Pakan Mandiri (Gerpari) sekaligus mendukung mewujudkan Visi Misi Kabupaten Serdang Bedagai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius.

Menurut Bupati, saat ini pengusaha peternak mulai menjerit akibat harga pakan komersil cukup tinggi tidak sesuai dengan hasil panen yang diperoleh, karenanya perlu didorong pelaku UMKM membuat pakan yang baik dan terjangkau.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sergai H Darma Wijaya juga memberikan subsidi pribadi Rp 500 rupiah per kilo pelet yang dibeli peternak untuk setiap pembelian pelet di UKM DAMBAAN.

“Peternak akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) Rp 200 rupiah per kilo gram,” ujarnya.

Terima Kasih

Bupati Sergai H Darma Wijaya mengucapkan terima kasih kepada Komite Daerah Dewan (Komda) UKM Kabupaten Serdang Bedagai, yang telah memprakarsai launching produk Pakan UMKM DAMBAAN Serdang Bedagai dan ini adalah bentuk dari kemandirian.

Kabupaten Serdang Bedagai adalah pusat pakan ternak karena pakan ternak berasal dari limbah seperti limbah ubi yang sangat baik bagi pertumbuhan ternak, seperti sapi, kambing, bebek dan ikan.

“Saya akan support produk UMKM Serdang Bedagai dengan mencari terobosan terobosan agar para peternak bisa terbantu dan akan mengusahakan pakan ternak bisa disubsidi pemerintah,” kata Darma WIjaya.

Sementara itu, Budi SE MM mengucapkan terima kasih atas perhatian pemerintah Sergai  yang sangat peduli terhadap program Dewan UKM Sumut.

Dia berharap dapat terus menjalin kerjasama yang lebih baik. Kabupaten Serdang Bedagai punya potensi yang sangat besar dan bisa menjadi icon Kabupaten untuk produk UMKM-nya dengan meningkatkan pemasaran produknya.

Juga akan terus kembangkan pola pemeliharaan ternak yamg lebih terarah, mandiri dan profesional.

“Di antaranya, peternak Ikan gabus, yang saat ini sedang dikembangkan dengan sistem bioflog.  Kebutuhan ikan gabus ini besar dan dapat dipelihara oleh peternak di seluruh kecamatan, ” kata Budi SE.

Sehingga, Sergai menjadi penghasil ikan gabus terbesar di seluruh Indonesia. Ikan gabus adalah salah satu Ikan yang bisa menjadi obat juga.

Hadir Ketua Dekranasda Sergai Hj Rosmaida Saragih, Anggota DPRD Sumut dari Fraksi PDI Perjuangan Drs Tuani Lumban Tobing, Kapolsek Firdaus AKP Idham Halik, Camat Sei Bamban Juniar Gultom, dan para kepala desa. (rel)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2