Waspada
Waspada » Bupati Paluta Pimpin Apel HUT Satpol PP, Linmas Dan Damkar
Sumut

Bupati Paluta Pimpin Apel HUT Satpol PP, Linmas Dan Damkar

Bupati Paluta Andar Amin Harahap saat memimpin upacara peringatan HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar. Bupati Paluta Pimpin Apel HUT Satpol PP, Linmas Dan Damkar. Waspada/Ist
Bupati Paluta Andar Amin Harahap saat memimpin upacara peringatan HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar. Bupati Paluta Pimpin Apel HUT Satpol PP, Linmas Dan Damkar. Waspada/Ist

GUNUNGTUA (Waspada) : Pemerintah Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta), Rabu (31/3) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Satuan Polisi Pamong Praja, HUT ke-59 Satuan Perlindungan Masyarakat serta HUT ke-102 Pemadam Kebakaran tahun 2021 di halaman kantor Bupati Paluta.

Upacara dipimpin langsung Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi dihadiri Wabup Paluta H Hariro Harahap, Dandim 0212/TS Letkol Rooy Chandra Sihombing, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kajari Paluta Andri Kurniawan SH MH, Sekdakab H Burhan Harahap SH, Forkompida, serta sejumlah pimpinan OPD.

Peserta apel terdiri dari, personel TNI/Polri bersama personel Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Kabupaten Paluta.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi menyampaikan bahwa melalui peringatan HUT Satpol PP, Satlinmas dan Damkar diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dengan pembenahan dalam berbagai aspek.

Hal ini dimaksudkan agar dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, dapat dilakukan secara lebih profesional, kompeten dan berdedikasi tinggi serta lebih mengedepankan sikap dan tindakan yang bersifat edukatif, persuasif dan sesuai dengan budaya masyarakat setempat.

Kemudian, peringatan HUT ke-71 Satpol PP, yang ke-59 Satlinmas serta yang ke-102 Damkar dilaksanakan hari ini, Rabu (31/3) dalam situasi dan kondisi pandemi Covid-19 terasa sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Tema HUT Satpol PP dan Satlinmas tahun 2021 yakni ‘Kesiapsiagaan Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Mendukung Pencegahan Dan Pengendalian Covid-19 Untuk Indonesia Yang Maju Dan Sehat’.

Untuk tema HUT Pemadam Kebakaran ‘Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Yang Profesional, Mandiri Dan Melayani Dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru’.

“Mengacu pada tema tersebut, saya mengajak seluruh anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar untuk semakin meningkatkan semangat dan pengabdian kepada bangsa dan negara demi mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat menuju Indonesia maju dan sehat,” pesannya.

Menutup amanatnya, Mendagri juga menyampaikan beberapa hal yang memerlukan perhatian anggota Satpol PP, Satlinmas dan Damkar antara lain :

1. Tingkatkan kesiapsiagaan dalam mendukung upaya pencegahan, pengendalian serta pendisiplinan dan penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19,

2. Tingkatkan pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan dalam mengawal urusan ketenteraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sebagai urusan wajib pemerintahan yang terkait dengan pelayanan dasar,

3. Perkuat koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik secara vertikal maupun horizontal dengan berbagai instansi terkait atas dasar hubungan fungsional, saling membantu dan saling menghormati,

4. Perkuat pelaksanaan tugas yang tegas namun tetap humanis dan senantiasa memperhatikan aspek hak asasi manusia serta citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan sebagaimana diamanatkan dalam panca Wira Satya Polisi Pamong Praja,

5. Tingkatkan penegakan hukum disiplin protokol kesehatan bekerjasama dengan unsur Polri dan TNI dan berikan contoh baik kepada masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Pantauan di lapangan, usai membacakan amanat Mendagri, Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP MSi didampingi Kasatpol PP Paluta Darman Hadibuan SSos melakukan pemeriksaan barisan pasukan peserta upacara.

Upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan dan juga diisi dengan penampilan atraksi serta yel-yel dari personel Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Kabupaten Paluta. (a29/C)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2