Bupati Humbahas Kembali Salurkan Rp2,6 M Stimulan Rehab RTLH

Bupati Humbahas Kembali Salurkan Rp2,6 M Stimulan Rehab RTLH

  • Bagikan
BUPATI Humbahas Dosmar Banjarnahor diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, AP Marbun secara simbolis menyerahkan serbutab stimulan rehab RTLH. Waspada/Ist
BUPATI Humbahas Dosmar Banjarnahor diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, AP Marbun secara simbolis menyerahkan serbutab stimulan rehab RTLH. Waspada/Ist

DOLOKSANGGUL (Waspada): Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab, AP. Marbun kembali menyalurkan bantuan stimulan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) TA 2021 Tahap I dan II kepada 149 KK masyarakat Humbahas. Bantuan stimulan Rp2.607.500.000 dari APBD Humbahas TA 2021 itu disampaikan di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu, Doloksanggul, Rabu (22/9).

Sambutan bupati yang dibacakan AP. Marbun menyampaikan bahwa mewujudkan Nawacita Jokowi, program 100-0-100 akses air minum terpenuhi untuk masyarakat 100%, kawasan kumuh habis 0 dan Sanitasi tertangani 100%. 

                                             

Kabupaten Humbahas sejak tahun 2015 s/d 2020 telah mendapat alokasi rehab/perbaikan RTLH sebanyak 6.490 unit rumah dengan sumber dana APBN Kementerian PUPR, APBD Provinsi Sumatera Utara dan APBD Humbahas. Sedangkan untuk tahun 2021 Kab. Humbahas tetap mendapat alokasi sebanyak 1.000 unit dengan sumber dana APBN Kementerian PUPR dan 149 unit dari APBD Kab. Humbahas.

Dikatakan, program rehab RTLH sangat membantu Pemda untuk mengurangi kawasan kumuh kita dengan cara peningkatan kualitas rumah dan menurunkan angka stunting dengan tersedianya sarana air minum layak, sanitasi layak (jamban dan septick tank). “Dalam program ini, setiap penerima bantuan stimulan rehab RTLH TA 2021 diwajibkan membangun sanitasi dan air minum,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, kepada masyarakat yang menerima bantuan ini agar dapat menyelesaikan perbaikan rumahnya sesuai dengan jadwal dan aturan yang sudah ditentukan. “Bagi yang belum mendapat, agar tetap bersabar. Kami akan berupaya agar tahun depan mendapat porsi yang sama dengan tahun ini,” tukasnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) Humbahas, Anggiat Simanullang menyampaikan, jumlah penerima stimulan rehab RTLH pada tahap pertama ini sebanyak 67 penerima dan tahap kedua sebanyak 82 penerima.

Dijelaskan, besaran dana yang dialokasikan per RTLH adalah sebesar Rp17.500.000. Secara rinci Rp15.000.000 untuk pembelian bahan bangunan dan Rp2.500.000 untuk upah.

Pemberian stimulan ini diserahkan oleh Bank Mandiri dan secara simbolis diberikan oleh Bupati Humbahas yang diwakili Asisten Perekonomian Setdakab dan Pembangunan AP. Marbun. 

Lamtorop Simanullang, salah satu penerima bantuan stimulan rehab RTLH menyampaikan terimakasih kepada Bupati Humbahas yang memberikan perhatian pada masyarakat. Sehingga berkesempatan meningkatkan taraf hidup dengan bantuan perbaikan RTLH tahun 2021. “Kiranya Tuhan YME memberikan panjang umur dan kesehatan kepada Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor dan jajarannya,” ucapnya. (cas)

  • Bagikan