Waspada
Waspada » BUMD Renovasi Pabrik Es Tak Berfungsi 
Sumut

BUMD Renovasi Pabrik Es Tak Berfungsi 

BATUBARA (Waspada) : Masyarakat dan nelayan menyambut baik adanya upaya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kab Batubara untuk merenovasi sekaligus memfungsikan pabrik es cristal yang di bangun tahun 2014 lalu di sekitar Pajak Kerang Kelurahan Tanjungtiram sampai sekarang tidak berfungsi.

“Upaya BUMD merenovasi sekaligus memfungsikan pabrik es ini kita sambut baik. Diharapkan nanti dapat melayani masyarakat dan nelayan terutama dalam memenuhi permintaan akan es,” sebut Yusuf dan Nasruddin tokoh nelayan masyarakat setempat, Kamis (13/2).

Menurutnya Direktur Utama BUMD Batubara, Repolo Siregar bersama Direktur Operasional Syarkawi Hamid Rabu (12/2) turun meninjau bangunan pabrik es bernilai milyaran rupiah itu yang kondisinya kini terkesan kurang perawatan ditandai bahan terbuat dari besi bertanggalan di makan karat sehingga mengundang perhatian untuk merenovasi dan memfungsikan bangunan pabrik es cristal yang sudah 6 tahun tidak berfungsi.

Rencananya renovasi awal dilakukan dalam bulan Pebruari 2020 dengan sasaran memperbaiki menimbun halaman, lantai pajak. Dan diharapkan Maret sudah selesai, dapat beroperasi melayani masyarakat dan nelayan.

Direktur Operasional Syarkawi Hamid mengatakan BUMD mengerjakan perbaikan pabrik dan pajak secara swadaya. Pihaknya mengaku prihatin melihat kondisi pajak kerang terkesan jorok berlumpur dan tumpukan tanah kulit kerang.

“Awal pekerjaan penimbunan halaman, lantai pajak di buat lebih tinggi, memudahkan membersihkan sampah/lumpur dengan penyemprotan air pabrik es cristal akan memproduksi es bisa dikonsumsi untuk kebutuhan nelayan dan masyarakat memakai air sumurbor, “sebut Syarkowi Hamid menyatakan harga es yang dijual nantinya lebih murah dari harga pasaran. Dan masyarakat diharapkan dapat  menjaga kebersihan lingkungan sekitar pajak. (a13)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2