P.SIDIMPUAN (Waspada) : Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan gelar Costumer Relationship Management (CRM) selama dua hari (17 sampai 18 Maret 2025) di Natama Hotel, Jl.SM Raja, Sitamiang, Padangsidimpuan, Sumatera Utara.
CRM dengan kalangan pengusaha yang terdaftar sebagai pemberi kerja/badan usaha yang ada di wilayah kerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan tersebut dibuka Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan, Christian Natanael Sianturi, Senin (17/3/2025).
Kegiatan yang juga dihadiri petugas BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan, selain untuk meningkatkan enggament dan hubungan yang kuat, juga untuk mendorong pengusaha untuk memberikan edukasi kepada pekerja menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).
Dalam kegiatan CRM tersebut, BPJS Ketenagakerjaan juga menekankan kepada kalangan pengusaha pentingnya memahami peningkatan utilisasi aplikasi JMO serta kepatuhan atas program BPJS Ketenagakerjaan, termasuk program Sejahtera Pekerja Sekitar Anda (SERTAKAN) kepada keluarga dan lingkungan tenaga kerja perusahaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan, Christian Natanael Sianturi dalan paparannya menjelaskan, kegiatan CRM merupakan salah satu cara BPJS Ketenagakerjaan memperkuat komitmen dan sinergi dengan perusahaan.
“Ini dilakukan untuk mempermudah proses CRM secara kolektif sehingga setiap perwakilan perusahaan terinformasi secara masif dan dapat dilanjutkan penyampaiannya kepada tenaga kerja di lingkungan perusahaan masing-masing,” ucapnya.
Christian beserta tim CRM mengimbau seluruh perusahaan memanfaatkan aplikasi JMO, mengingat ada informasi yang tidak bisa diketahui secara up to date oleh si pekerja. “Mohon seusai kegiatan untuk diingatkan kepada seluruh karyawan agar menggunakan aplikasi JMO,” pintanya.
Dengan menggunakan aplikasi JMO secara aktif sebagai media informasi, lanjut Christian, maka akan lebih mudah dan lebih efisien dalam mengurus data dan klaim. “JMO dapat digunakan dari mana dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Christian.
Aplikasi JMO, ungkapnya, merupakan bagian dari layanan terbaik kepada peserta yang bisa di download di Play Store maupun App Store dengan fitur pembayaran iuran, pengkinian data, pengajuan dan pelacak klaim JHT, simulasi saldo JHT dan JP, kartu digital, serta layanan lain yang dapat dimanfaatkan peserta.
Terkait dengan program SERTAKAN (Sejahterakan Pekerja Sekitar Anda), Christian mengimbau perusahaan dan pekerja formal untuk segera mendaftarkan pekerja di sekitarnya seperti asisten rumah tangga, sopir, tukang kebun, sekuriti, tukang sapu komplek perumahan, ojek, dan lainnya,” ucapnya.
“Saat ini masih banyak pekerja informal yang belum jadi peserta Jamsostek, sementara caranya sangat mudah, cukup didaftarkan melalui aplikasi JMO,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, juga disosialisasikan program Manfaat Langsung Tunai (MLT) untuk program perumahan dan renovasi rumah. Christian menjelaskan bahwa MLT merupakan wadah dan kesempatan yang baik bagi pekerja karena mendapatkan pembiayaan yang lebih murah untuk memiliki rumah dan merenovasi rumah. “Silakan datang ke kantor untuk dibantu oleh petugas kami,” katanya.
Dengan adanya kegiatan CRM, Christian berharap dukungan semua pihak dan adanya kesadaran pemberi kerja/badan usaha terhadap program Jamsostek.
Dengan demikian tentu akan berimbas kepada peningkatan jumlah peserta untuk tercapainya perlindungan secara menyeluruh Universal Coverage Jamsostek (UCJ) kepada tenaga kerja Indonesia,” tutup Christian. (a39).
Update berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran favoritmu akses berita Waspada.id WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaZRiiz4dTnSv70oWu3Z dan Google News Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp dan Google News ya.