Waspada
Waspada » Bongotan Tampung Aspirasi Masyarakat Lubukpakam Untuk Dapat KIS Gratis
Sumut

Bongotan Tampung Aspirasi Masyarakat Lubukpakam Untuk Dapat KIS Gratis

ANGGOTA DPRD Deliserdang Fraksi Partai Nasdem Bongotan Siburian menggelar kegiatan reses tahap I di Jalan Cempaka, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Rabu (3/3). Waspada/Edward Limbong
ANGGOTA DPRD Deliserdang Fraksi Partai Nasdem Bongotan Siburian menggelar kegiatan reses tahap I di Jalan Cempaka, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Rabu (3/3). Waspada/Edward Limbong

DELISERDANG (Waspada): Sejumlah masyarakat Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, masih mengeluh untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis dari Pemerintah berupa Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang merupakan program Presiden Joko Widodo karena masih banyaknya warga yang kurang mampu belum mendapatkan fasilitas gratis tersebut.

Hal itu terungkap pada saat anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deliserdang Fraksi Partai Nasdem Bongotan Siburian menggelar kegiatan reses tahap I di Jalan Cempaka, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Rabu (3/3).

Kegiatan reses dengan tetap menerapkan protokol kesehatan itu, Bongotan juga memberikan berupa beras kepada masyarakat dengan turut dihadiri Kepala Desa Bakaran Batu Muhammad Irwan Tanjung serta lintas elemen masyarakat.

Bongotan Siburian dalam kesempatannya mengatakan reses tahap pertama dihari kedua itu digelar dalam rangka menampung aspirasi dan keluhan masyarakat di Desa Bakaran Batu.

Dia menyebut, reses ini merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan usulan, masukan, saran dan saling berbagi informasi.

“Saya sangat senang bisa bersilaturahmi disini, silahkan sampaikan saran dan masukan, serta usulan program kepada kami,” ungkapnya.

Sedangkan salah seorang warga Ayu menyampaikan, aspirasinya bahwasanya mereka saat ini belum mendapatkan bantuan berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) karena itu dia berharap anggota DPRD Deliserdang yakni Bongotan Siburian dapat membantu memfasilitasi.

“Kami sampai saat ini belum mendapatkan KIS padahal kami sangat membutuhkan itu untuk bisa berobat, mohon bapak dewan untuk dapat membantu,” ungkapnya.

Mendapat informasi itu, Bongotan pun berjanji akan segera berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Deliserdang dan meminta kepada Kepala Desa untuk mendata warga yang belum terdaftar dan juga mencari tahu permasalahan mengapa tidak terdaftar.

“Inikan program pemerintah pusat anggarannya menggunakan APBN, maka saya coba koordinasikan dengan dinas terkait bagaimana cara agar warga bisa mendapatkan kartu KIS tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Bakaran Batu Muhammad Irwan Tanjung mengaku, pada umumnya masyarakat di Jalan Cempaka, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam ingin mendapatkan pelayanan kesehatan yang gratis seperti halnya dengan mendapatkan KIS.

“Pada intinya masyarakat sangat mengharapkan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis karena itulah yang utama saat ini,” ungkapnya.

Irwan pun belum mengetahui secara pasti saat ini apakah masih terbuka atau masih menerima pendaftaran untuk pengurusan KIS gratis bila masih ada, dia mengakui akan segera membantu masyarakatnya yang belum mendapatkan KIS.

“Sekarang saya belum tau informasinya apakah adalagi gak, kalau ada kita akan susul warga kita yang mana belum punya KIS. KIS ini tadi masyarakat berharap kepada bapak Bongotan dapat diperjuangkan,” ujarnya.

Selain mendapatkan program KIS, Irwan juga menyebutkan masyarakat juga menyampaikan aspirasinya lampu penerangan jalan dan akses jalan penghubung Desa Bakaran Batu dan Desa Sekip.

“Itukan jalan melintas rel kereta api saat ini sudah dipasang palang tertutup sehingga tidak bisa lagi masyarakat melintas,” tandasnya. (a16)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2