Waspada
Waspada » Boat Pukat Teri Tenggelam 28 ABK Selamat
Headlines Sumut

Boat Pukat Teri Tenggelam 28 ABK Selamat

Tampak sebagian boat nelayan milik pengusaha perikanan di Kuala Batubara bersandar di pelataran gudang. Boat Pukat Teri Tenggelam 28 ABK Selamat. Waspada/Iwan Has
Tampak sebagian boat nelayan milik pengusaha perikanan di Kuala Batubara bersandar di pelataran gudang. Boat Pukat Teri Tenggelam 28 ABK Selamat. Waspada/Iwan Has

BATUBARA (Waspada): Satu boat pukat teri milik pengusaha perikanan yang bertangkahan di Kuala Batubara Kec Tanjungtiram tenggelam setelah dihantam angin kencang (Tenggara) di perairan dekat Pulau Berhala, Rabu (15/7) siang.

Dalam kecelakaan itu 28 anak buah kapal (ABK) berhasil ditolong nelayan pukat teri lainnya saat mencari ikan tidak jauh dari lokasi kejadian.

Menurut keterangan Waspada peroleh menyebutkan, hari itu tekong pukat teri yang belum diketahui identitasnya, mencari kawanan ikan untuk ditangkap sampai ke perairan Pulau Berhala Kabpuaten Sergai.

Karena melihat datang angin kencang/angin Tenggara, mereka berlindung di balik pulau bersama dengan beberapa buah boat untuk menunggu angin reda.

Diduga sudah merasa aman, mereka bergerak pulang namun di tengah perjalanan, tidak disangka muncul angin kencang yang lebih kuat sehingga boat tidak dapat dikendalikan.

Akhirnya boat tenggelam bersama pukat namun 28 ABKnya selamat kaena sempat ditolong nelayan.

Haji Jali, pemilik boat pukat teri, Kamis (16/7) membenarkan boatnya tenggelam dihantam alias dilantak angin Tenggara yang ditakuti nelayan saat melaut menangkap ikan.

“Syukurlah anak pukat (ABK) 28 orang bisa selamat dibantu nelayan pukat lain yang kebetulan berada tidak jauh dari tempat kejadian. Pukat dapat diselamatkan namun boat tenggelam dan akan diupayakan menariknya. Kerugian dalam peristiwa itu ditaksir ratusan juta,” sebutnya.

Akibat musim angin, diantara nelayan mengurungkan niatnya untuk turun melaut dan menambatkan boat atau sampan tempelnya di pelataran gudang sampai menunggu angin mereda.Jika ada yang melaut hanya nelayan berskala kecil yang  pulang hari.Sebab mereka tidak jauh melaut mencari ikan, sebut beberapa nelayan.  (a18)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2