Waspada
Waspada » BNN Tes Urine Kru Pesawat Di KNIA
Sumut

BNN Tes Urine Kru Pesawat Di KNIA

SEJUMLAH kru pesawat menjalani tes urine yang dilakukan BNNK Deliserdang di KNIA. Waspada/Irianto
SEJUMLAH kru pesawat menjalani tes urine yang dilakukan BNNK Deliserdang di KNIA. Waspada/Irianto

Kepala BNNK Deliserdang AKBP Safwan Khayat di dampingi Wadir Dit Reserse Narkoba Poldasu AKBP Frenky Yusandhy dan Waka Polresta Deliserdang AKBP Julianto Sirait mengatakan, kegiatan tersebut rutin dilakukan setiap masuk hari besar keagamaan pada angkutan umum baik darat, laut dan udara. Tujuannya, untuk memberikan kepastian keamanan dan kenyamanan masyarakat pada arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Kita sudah melakukan tes urine pada angkutan darat di terminal yang ada di Deliserdang. Pada hari ini kita lakukan tes urine pada angkutan udara termasuk pada pilot, kopilot dan pramugari untuk memastikan bahwa mereka tidak menggunakan narkoba,” jelas Safwan

Dikatakannya, dalam pengetesan ini dilakukan beberapa teknik menggunakan cek fisik pada setiap kru menggunakan senter dengan melihat mata, mulut mana yang menggunakan narkoba itu akan kelihatan. “Jadi siapa yang dicurigai tim dokter ia akan buat tes urine langsung dengan alat celup dan berbagai macam teknik lain,” paparnya.

Sedangkan yang dilakukan sample tes urine kurang lebih 20 orang kru dari berbagai maskapai, sejauh ini nihil, belum ada ditemukan pilot atau kru lainnya menggunakan narkoba. “Kami dari BNNK sangat bangga dan berterimakasih pada pilot dan kru pesawat yang tidak menggunakan narkoba,” ungkapnya.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Poldasu, Polresta Deliserdang, pihak Angkasa Pura P II KNIA serta instansi terkait lainnya. “Kami sama-sama terjun ke lapangan tujuannya ingin memastikan memberikan pelayanan kepada masyarakat, agar benar-benar tidak menggunakan narkoba,” tegasnya. (m29)

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2