Waspada
Waspada » BKPRMI Dukung Pemko Sidimpuan Tertibkan Toko Retail Modern
Sumut

BKPRMI Dukung Pemko Sidimpuan Tertibkan Toko Retail Modern

Direktur Daerah LPPEKop BKPRMI Kota P.Sidimpuan Nurhidayah Matondang

P.SIDIMPUAN (Waspada): Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) mendukung penuh upaya Pemko Padangsidimpuan menertibkan toko atau gerai retail modern yang beroperasional tapa izin di kota itu.

Dukungan ini diungkapkan Direktur Daerah Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi dan Koperasi (LPPEKop) BKPRMI Kota Padangsidimpuan Nurhidayah Matondang (fhoto) kepada wartawan, Kamis (3/12).

Yakni untuk menyikapi jawaban Wali Kota Sidimpuan Irsan Efendi Nasution saat beberapa hari kemarin menerima unjukrasa pedagang dan pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Pasar Inpres Sadabuan dan Padangmatinggi, yang menuntut penutupan toko retail modern.

Aksi massa tersebut dipicu berdirinya dua toko retail modern baru milik Alfamart di Jalan Imam Bonjol Kel. Aek Tampang, Kec. Sidimpuan Selatan, dan Jalan Sudirman Kel. Sadabuan, Kec. Sidimpuan Utara.

Massa yang berkolaborasi dengan Satuan Mahasiswa (Satma) AMPI itu menolak berdirinya toko retail modern di Sidimpuan. Karena selama ini dinilai telah mematikan usaha pedagang dan UMKM setempat.

Saat itu Irsan Efendi Nasution menyatakan, sejak dilantik mejadi Wali Kota Sidimpuan tahun 2018, dia tidak pernah mengeluarkan izin berdiri dan beroperasionalnya toko retail modern di kota itu.

“Kami berpihak kepada masyarakat, khususnya pedagang tradisional dan pelaku UMKM. Kita akan segera menutup toko retail modern yang tidak memiliki izin tetapi beroperasi di Kota Padangsidimpuan,” tegas Irsan.

Hal inilah yang ditangkap BKPRMI, dan dengan tegas menyatakan mendukung upaya Pemko Sidimpuan menertibkan toko retail modern. Bahkan sebagai bentuk dukungan, LKPPEKop akan mengorganisir pedagang tradisional dan UMKM untuk diberi pelatihan.

Pelatihan mengenai kewirausahaan agar pedagang pasar dan pelaku UMKM dapat meningkatkan mutu serta daya tarik produk atau dagangannya. Sehingga mampu bersaing dengan barang-barang yang dijual di toke ratail modern.

Terpisah, Ketua BKPRMI Kota Padangsidimpuan Muhamad Asroi Saputra Hasibuan membenarkan dukungan yang disampaikan Direktur Daerah LKPPEKop Nurhidayah Matondang tersebut.

“Benar itu. Kita sangat mendukung sikap pemerintah kota yang pro rakyat, seperti program kepedulian terhadap pedagang tradisional dan pelaku UMKM setempat,” kata Asroi yang akrab disapa Ustadz.

Kepada pedagang dan pelaku UMKM dimintanya agar bersinergi dan bersatu menghadapi persaingan bisnis yang datang dari luar. Kepada masyarakat juga sangat diharapkan agar membudayakan diri berbelanja di warung tetangga atau toko warga setempat. (a31)

 

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2