Waspada
Waspada » Binjai Terima 5000 Vial Vaksin Covid
Sumut

Binjai Terima 5000 Vial Vaksin Covid

 

BINJAI (Waspada): Dinas Kesehatan Kota Binjai dikawal petugas kepolisian menerima 5000 vial vaksin Covid-19 dari Pemprovsu, Rabu (13/1).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai dr Sugianto didampingi Kabid P2P dr Indra Tarigan, menjelaskan, 5000 dosis vaksin ini akan digunakan untuk 2.490 tenaga kesehatan (Nakes) dan 10 orang tokoh masyarakat (Tomas).

“Vaksinasi untuk Nakes akan dilaksanakan besok. Tahap duanya dilakukan 14 hari setelah vaksin pertama. Vaksinasi ini dilakukan di 8 Puskesmas dan Rumah Sakit Kesrem,” beber dr Sugianto.

Lebih jauh dijelaskan dr Sugianto, pada pelaksanaan vaksinasi nanti, masing-masing puskesmas dan rumah sakit yang ditunjuk akan menyediakan 4 meja.

Untuk meja pertama, kata dr Sugianto, merupakan meja pendaftaran, meja kedua tahap skrining guna melihat kontra indikasi dengan vaksin, misalnya orang yang sudah positif covid, penyakit kronis, dan ibu hamil.

“Orang dengan kondisi yang disebutkan tadi tidak diberikan vaksin. Bahkan wanita dengan program hamil pun tidak boleh,” ungkapnya.

Jika ada warga yang menolak, petugas akan melakukan pendekatan dengan memberikan penjelasan tujuan dari vaksinasi tersebut.

“Kita berharap masyarakat datang ke puskesmas dan Rumkit Kesrem untuk divaksin. Karena tujuan vaksin ini meningkatkan kekebalan tubuh dari luar,” terang dr Sugianto.

“Jika masyarakat sudah divaksin, kita berharap virus ini dapat mereda dan hilang. Vaksinasi ini gratis. Setelah Nakes, mudah-mudahan ada lagi tambahan vaksin untuk pelayan publik dan masyarakat,” imbuhnya. (a03/a34)

Teks foto: Kadis Kesehatan Binjai (kiri) didampingi dr Indra, memberikan keterangan kepada wartawan. (Waspada/Nazelian Tanjung).

Berita Terkait

Memuat....
UA-144743578-2