Binjai Satu-satunya Kota Di Sumut Penerima Penghargaan Kementerian Keuangan - Waspada

Binjai Satu-satunya Kota Di Sumut Penerima Penghargaan Kementerian Keuangan

  • Bagikan

BINJAI (Waspada) Binjai merupakan satu-satunya kota di Prov. Sumatera Utara penerima penghargaan dari Kementerian Keuangan. Wali Kota Binjai Amir Hamzah menjelaskan, Selasa (14/9) usai mengikuti acara puncak Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 yang dibuka Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati.

Dalam Rakernas tersebut, Pemerintah Kota Binjai ditetapkan penerima penghargaan dari Kementerian Keuangan atas keberhasilan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 sebanyak lima kali secara berturut-turut.

Penghargan yang diserahkan secara simbolis tersebut menurut Amir Hamzah didampingi Sekdako Irwansyah Nst, Plt Inspektorat Eka Edi Saputra dan Ka BPKAD Affan Siregar merupakan bentuk apresiasi atas transparansi dan komitmen baik pemerintah pusat maupun daerah untuk senantiasa mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja dengan akuntabel kredibel.

“Itu merupakan suatu hal yang penting untuk dipahami . Dan di atas semua apresiasi itu, pelaporan keuangan yang mendapat predikat WTP itu adalah wujud nyata kerinduan kami untuk transparan dan akuntabel dalam mengeloka uang negara, uang rakyat yang digunakan tentu untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat, untuk pembangunan daerah,” Kata Amir Hamzah

Kota Binjai menerima Penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lima kali berturut dari BPK RI yang diapresiasi Kementrian Keuangan (Menkeu) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) . Atas penghargaan yang diterima, Wali Kota Binjai Amir Hamzah berharap seluruh jajaran Pemko Binjai menjadikan penghargaan tersebut sebagai semangat dalam bekerja, serta didukung dengan komitmen tinggi untuk menjaga akuntabilitas, kerja efektif dan efisien.

Dengan begitu, diharapkan kepercayaan masyarakat terus meningkat dan menjadi modal dasar dalam mendukung pelaksanaan program-program pemerintah selanjutnya. Melalui tema “Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi”, orang nomor satu di kota Binjai itu menuturkan, bahwa momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, utamanya dalam sektor pemulihan ekonomi.

“Keberhasilan Kota Binjai meraih opini WTP akan menjadi pelecut semangat untuk terus bangkit dan pulih dari situasi krisis pandemi Covid-19,” katanya. Amir berharap predikat ini menambah semangat seluruh jajaran Pemko Binjai bekerja dan melayani masyarakat lebih baik dan sebagai pelecut meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah.

Terima peningkatan PAD dan mendatang potensi yang ada harus dimanfaatkan secara maksimal, sehingga pembangunan di Kota Binjai lebih mampu ditingkatkan, terutama sector perekonomian rakyat yang punya tujuan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan rakyat.(a12/C)

Teks foto : Wali Kota Binjai Amir Hamzah saat mengikuti Rakornas Kementerian Keuangan di BCC. (Waspada/ist)

  • Bagikan